Beberapa Istilah dalam Dunia Perbankan Bagian 2

Setelah mengetahui beberapa istilah perbankan seperti Transfer, RTGS, SKN, CEK, dan Bilyet Giro pada tulisan sebelumnya. Masih ada bayak istilah perbankan yang biasa kita dengar di luar. Apa saja itu? Mari kita perhatikan:

6. Buku Tabungan (BUTAB) atau Passbook

Buku Tabungan adalah buku yang dikeluarkan oleh pihak bank yang mencantunkan nama pemilik rekening, no rekening, alamat rekening, cabang pembuka tabungan, jumlah simpanan nasabah pada rekening tersebut, bukti transaksi baik penyetoran atau penarikan, yang harus dimiliki dan dibawa oleh nasabah apabila ingin melakukan penarikan sejumlah uang atau pencetakan buku atau juga jika ingin melakukan penggantian buku baru jika yang lama sudah habis. Apabila BUTAB hilang maka sesuai dengan peraturan Bank Indonesia yang terbaru, maka tidak dapat diganti dengan BUTAB yang baru. Melainkan harus menutup tabungan yang lama dan dibukakan tabungan yang baru.

7. Nomor rekening

Nomor rekening adalah rangkaian dari beberapa nomor yang diberikan oleh pihak bank kepada nasabah untuk kepentingan segala transaksi keuangan di bank atau sebagai ID agar dapat melakukan penyimpanan di dalam bank. Nomor rekening setiap nasabah akan berbeda atau tidak sama dan juga akan berbeda antara nasabah bank lainnya.

8. ATM

ATM atau singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri (bahasa Indonesia) atau Automated Teller Machine (bahasa Inggris) adalah sebuah alat elektronik yang memungkinkan dan mengijinkan nasabah suatu bank untuk mengambil uang, mengecek rekening, melakukan transfer uang, melakukan pembayaran atau pembelian tanpa perlu dilayani oleh teller manusia. Untuk melakukan transaksi tersebut dibutuhkan suatu alat tambahan yang disebut dengan kartu atm. Kartu ATM adalah alat bantu untuk melakukan transaksi dan memberoleh informasi perbankan secara elektronis yang dilengkapi oleh pin dan hanya diketahui oleh nasabah pemilik rekening sebagai kunci rahasia untuk bertransaksi.

9. CDM

CDM adalah alat elektronik yang menyerupai ATM namun berfungsi atau digunakan untuk menerima setoran tunai dari nasabah. Mesin ini berkemampuan untuk menyortir uang tunai sesuai denominasi yang diterima serta dapat mendeteksi adanya uang palsu. Beberapa Bank yan telah menggunakan mesin ini diantaranya adalah Bank Mandiri, Bank BRI, dan Bank BNI.

10. EDC

Mesin EDC atau Electronic Data Capture biasanya dapat dijumpaii pada lokasi perbelanjaan terutama di sekitar loket kasir. Mesin EDC atau dikenal dengan mini ATM memiliki fungsi sebagai sarana penyedia transaksi dan alat pembayaran yang dalam penggunaannya dapat dilakukan dengan menggesek atau memasukkan kartu debit atau kartu kredit bank atau antar bank. Selain itu dilengkapi dengan fasilitas pembayaran lainnya yang terkoneksi secara realtime.

11. Kartu kredit

Kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran dan pinjaman uang yang mudah, efesien dan tidak jarang dapat memberikan nilai lebih kepada para pemiliknya yang dikeluarkan oleh pihak bank. Akan tetapi, kartu kredit ini memiliki sistem dengan memberikan pinjaman terlebih dahulu oleh pihak bank, bukan memotong secara langsung dari rekening yang dimiliki.

Inilah beberapa istilah yang sering didengar di kehidupan sehari-hari dalam dunia perbankan. Setelah mendapatkan pengertian atas istilah ini semoga anda dapat lebih paham dan mengerti dalam menggunakan fasilitas yang diberikan dan lebih dapat memanfaatkannya dengan maksimal.

Add a Comment

histats