Profil dan Produk Bank Mega Syariah

Saat ini industri perbankan syariah sudah bukan lagi menjadi kelompok bisnis berskala kecil dan tidak dapat bersaing. Seiring perkembangan zaman bisnis perbankan syariah sudah menjadi salah satu bisnis besar dan memiliki pangsa pasar yang luas serta telah dapat diterima oleh semua kalangan di dunia khususnya di Indonesia. Di Indonesia sendiri, untuk saat ini, sudah banyak jenis perbankan syariah yang tumbuh dan berkembang memberikan layanan dan beragam jenis produk untuk memuaskan dan mengakomodir kebutuhan nasabah. Pada artikel kali ini, admin akan membahas mengenai salah satu profil bank syariah swasta di Indonesia. Bank tersebut adala Bank Mega Syariah.

Profil dan Produk Mega Syariah

Mungkin untuk sebagian masyarakat, khususnya di kota-kota besar Bank Mega Syariah bukanlah Bank syariah pendatang baru. Walaupun belum memiliki cabang di seluruh Indonesia, nama Bank Mega Syariah tidak lah dapat kita anggap kecil. Bank ini sudah memiliki posisi sebagai salah satu Bank Syariah sukses dan besar di Indonesia.

Sekilas mengenai Bank Mega Syariah. Bank ini berawal dari pengakuisisian PT Bank Umum Tugu (Bank Tugu)oleh CT copora melalui Mega Corpora dan PT Rekan Investama pada tahun 2001. Pada awal pengakuisisian tersebut, para pemegang saham memiliki keinginan untuk mengonversi bank umum konvensional ini menjadi bank syariah.Dan setelah mendapatkan izin dari Bank Indonesia sebagai Bank Central dan pemegang kebijakan di Indonesia, Bank Tugu dikonversi menjadi PT Bank Syariah Mega Indonesia (BSMI) pada tanggal 27 Juli 2004. Pelaksanaan konversi bank umum konvensional menjadi bank syariah merupakan upaya pengonversian pertama yang dilakukan di Indonesia.

BSMI resmi beroperasi di Indonesia pada tanggal 25 Agustus 2004 dan memiliki kantor pusat di Menara Mega Syariah di JL HR Rasuna Said Kav 19 A, Jakarta 12950. Dan pada tanggal 7 November 2007 (setelah tiga tahun berjalan), para pemegang saham memutuskan untuk merubah logo yang selama ini digunakan ke logo bank umum konvensional yang menjadi kakak perusahaannya yaitu PT Bank Mega, Tbk., hanya saja berbeda warna. Dan pada tanggal 2 November 2010 BSMI berganti nama menjadi PT Bank Mega Syariah hingga saat ini.

Untuk lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, pada tahun 2008 Bank Mega Syaria mulai memasuki pasar perbankan mikro dan gadai. Dan pada tahun yang sama yaitu sejak tanggal 16 Oktober 2008, Bank Mega Syariah resmi menjadi Bank devisa. Dengan status ini, Bank Mega Syariah dapat melakukan transaki devisa dan terlibat dalam perdagangan Internasional. Dan pada tanggal 8 April 2009, Bank Mega Syariah memperoleh izin dari Departemen Agama Republik Indonesia ( Depag RI) sebagai bank penerima setoran biaya haji.

Adapun beberapa produk tabungan  (Funding )unggulan yang disediakan oleh Bank Mega Syariah untuk mengakomodir kebutuhan nasabah antara lain: Tabungan Utama iB, Tabungan Utama Pensiun iB, Tabngan Mitra iB, Tabungan Rencana iB, Tabungan Plus iB, Tabungan Investasya iB, Tabungan Haji iB, dan Tabungan Dolar iB. Sedangkan untuk Financing, Bank Mega Syariah menyediakan beberapa layanan pembiayaan sepertiMicro Bussiness, SM Invest, SM Capital, SM Mitra, SM Multi, Multi Jasa iB, Mega Pensiun iB, dan Implant Bank Program.

Dari segi penghargaan, Bank Mega Syriah sudah banyak menerima penghargaan yang membuktikan keunggulan dari Bank Syariah ini.  Adapun beberapa penghargaan yang didapat antara lain: Karim Consulting Indonesia Chair of League 1st National Champion 2014,Investor Award 2014 Best Bank Syariah 2014 untuk Bank Syariah dengan Aset kurang dari 10 triliyun, Infobank Banking Service Excellence Awards 2014 3rd Best Phone Handling, da masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Itu tadi sedikit informasi mengenai Bank Mega Syariah, semoga dapat membantu anda lebih mengenal Bank Syariah Swasta ini.Dan semoga informasi yang diberikan dapat menambah ilmu dan wawasan mengenai perbankan syariah di Indonesia serta mengenai perbankan syariah secara umum. Sumber: http://www.megasyariah.co.id.

Add a Comment