4 Cara Memblokir Kartu ATM

Kartu ATM merupakan salah satu fasilitas yang diberikan pihak Bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi sehari-hari, baik finansial ataupun bukan. Pemberian kartu ATM juga untuk mengurangi nasabah membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya, Kartu ATM memiliki bentuk yang tipis dan kecil, sehingga dapat dengan mudah disimpan di dalam dompet ataupun kantong. Kondisi ini dapat mengakibatkan kartu ATM mudah hilang ataupun patah.

4 Cara Memblokir Kartu ATM

Jika nantinya atau Anda sedang mengalami kartu ATM hilang, baik dikarenakan salah letak ataupun mengalami pencurian barang. Berikut  4 cara memblokir kartu ATM yang Anda miliki:

  • Jika Anda kehilangan kartu di malam hari atau bukan waktu operasional Bank,  atau Anda berada jauh atau tidak ada Bank yang digunakan disekitar Anda. Maka Anda dapat meghubungi Call Center Bank tersebut  sebegai solusi pertama dan tercepat dalam melakukan pemblokiran kartu. Pastikan nomor Call Center yang digunakan adalah benar. Selanjutnya Anda dapat mengikuti langkah-langkah sesuai arahan pihak operator.
  • Apabila kartu Anda hilang disaat jam operasional dan berada di dekat kantoir cabang Bank yang digunakan, maka anda dapat melakukan pemblokiran kartu ATM dengan datang langsung ke Kantor Cabang terdekat dari Bank yang Anda gunakan. Apabila kartu yang hilang dari Bank Muamalat, maka anda datang ke Bank Muamalat. Jika Bank BRI Syariah maka anda datang ke kantor cabang Bank BRI Syariah, begitu pula dengan bank lainnya.
  • Untuk beberapa Bank Syariah, mereka telah memberikan fasilatas untuk melakukan pemblokiran melalui layanan Mobile Banking yang dimiliki. Pastikan Anda memiliki aplikasi dan telah terdaftar pada aplikasi tersebut.
  • Selain Mobile Banking, pemblokiran kartu ATM juga dapat Anda lakukan dengan menggunakan fasilitas Internet Banking yang dihadirkan pihak Bank. Akan tetapi, fasilitas ini juga belum dimiliki semua Bank.

Perlu Anda ketahui, melakukan pemblokiran kartu ATM melalui Call Center akan dikenakan biaya pulsa sesuai dengan provider yang Anda gunakan. Sehingga pastikan pulsa Anda cukup ketika melakukan pemblokiran.

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan proses lanjutan untuk mengganti kartu baru di kantor cabang Bank terdekat dengan membawa kartu identitas dan buku tabungan. Selain itu, jika kartu Anda hilang maka diwajibkan membawa Surat Keterangan Hilang dari Kepolisian.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.