4 Langkah Jika Kartu ATM Tertelan

Kartu ATM Anda tertelan di Mesin ATM? Tidak perlu panic, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan apabila kartu ATM Tertelah di Mesin ATM.

Saat ini semua Bank BUMN ataupun Bank Swasta telah melengkapi tabungan para nasabahnya dengan kartu ATM.  Layanan ini diberikan untuk mempermudah para nasabah melakukan transaksi keuangan baik penarikan dana, pengiriman, pembayaran, ataupun penyetoran dana (beberapa Bank BUMN).

Penyediaan layanan ini dibuat juga untuk menghemat waktu nasabah jika ingin melakukan transaksi perbankan. Nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang bank terdekat apabila ingin melakukan transaksi keuangan, terutama Non Tunai (selain pendebetan dengan jumlah tertentu).

Namun apabila kartu Anda tertelan, apa yang harus Anda lakukan? Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui dan lakukan terkait kondisi tersebut.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Seperti yang kita ketahui, ATM merupakan sebuah mesih yang besar kemungkinan terjadi ganguan dan kondisi error. Hal ini menjadi salah satu penyebab utama kartu Anda tertelan. Ada beberapa kondisi dan penyebab kartu Anda tertelan mesin ATM, berikut diantaranya:

  • Mesin ATM sedang error atau terdapat gangguan
  • Pasukan listrik mati/ listrik padam disaat Anda menggunakan Mesin ATM (Kartu ATM masih di dalam).
  • Salah memasukkan PIN ATM berulangkali, maksimal 3 kali kesalahan. Kondisi ini sengaja dibuat untuk keamanan dana Anda jika terjadi kondisi yang tidak diinginkan.
  • Lupa atau tidak langsung mengambil kartu ATM pada saat uang dan struk sudah keluar.

4 Langkah Jika Kartu ATM Tertelan

Apabila, kondisi kartu tertelan mesin ATM menimpa Anda, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan. Berikut panduan jika kartu ATM tertelan:

Jangan Panik

Jika kartu ATM Anda tertelan di Mesin ATM, maka yang pertama kali Anda lakukan adalah bersikap tenang dan jangan panic. Pastikan kartu tidak keluar kembali beberapa saat, dan memeriksa mulut tempat memasukkan kartu apakah ada benda-benda asing yang menyumbat keluarnya kartu.

BACA JUGA:  Cara Menghitung Simulasi Kepemilikan Emas Bukopin Syariah

Hubungi Call Center Bank

Hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah menghubungi Call Center Bank yang Anda gunakan untuk melakukan pemblokiran kartu sementara. Pastikan pulsa hanphone Anda cukup, dikarenakan aka nada beberapa pertanyaan untuk memastikan Anda pemilik akun yang benar. Dan pastikan nomor Call Center yang Anda hubungi adalah benar.

Catat lokasi dan waktu kartu ATM tertelan

Pada saat kartu ATM Anda tertelan, catat jam berapa dan dimana lokasi tertelan. Hal ini berfungsi sebagai bukti untuk melapor ke pihak Bank untuk membuat kartu baru.

Datangi kantor cabang Bank terdekat dan buat kartu baru

Setelah Anda mengalami dan melakukan langkah sebelumnya, Anda dapat mendatangi kantor cabang terdekat Bank yang Anda gunakan. Laporkan kejadian tersebut ke pihak Customer Service dengan membawa beberapa data tambahan yaitu buku tabungan dan KTP.

Laporan Anda akan diproses dan akan dibuatkan kartu ATM baru, proses penggantian ini tidak membutuhkan waktu yang lama makasimal 20  menit. Selain itu, Anda akan dikenakan biaya penggantian kartu ATM yang besarnya bergantung pada kebijakan masing-masing bank.

Itu tadi 4 Langkah Jika Kartu ATM Tertelan. Smeoga dapat membantu Anda. Terimakasih telah berkunjung ke syariahbank.com.

 

 

Add a Comment