5 Jenis Investasi Syariah Terbaik

Bagi Anda yang sedang mencari-cari investasi syariah, maka berikut informasi terkait 5 Jenis Investasi Syariah Terbaik.

jenis investasi syariah

Sebelum membahas jenis investasi syariah lebih lanjut, Anda haru smengetahui terlebih dahulu apa itu Investasi. Investasi adalah sebuah istilah yang berkaitan dengan keungan dan ekonomi, yang sering juga disebut dengan penanaman modal. Dimana hal ini berkaitan dengan menyimpan harta pada suatu perusahaan atau badan usaha. Penyimpanan ini bertujuan agar harta yang diinvestasikan tersebut dapat memberikan keuntungan.

Investasi syariah sendiri merupakan penanaman modal yang menggunakan dasar Alqoran dan hadist dalam membuat keputusan pengelolaannya. Ada beragam keuntungan yang diberikan oleh investasi syariah diantaranya: Bebas Riba, Gharar, Maisyir, dan manajemen keuangan insyaaAlloh secara islami.

5 Jenis Investasi Syariah Terbaik

Berikut informasi lebih lanjut terkait 5 jenis investasi syariah terbaik:

Pasar Modal Syariah

Pasar modal syariah merupakan kegiatan pasar modal yang tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Secara umum, kegiatan pasar modal syariah ini sejalan dengan pasar modal pada umumnya seperti penyertaan modal dan atau jual beli efek (saham, sukuk). Namun demikian, terdapat beberapa karakteristik khusus pasar modal syariah yaitu bahwa produk dan mekanisme transaksi tidak boleh bertentangan dengan prinsip syariah di pasar modal.​

Deposito Syariah

Produk ini mungkin sudah tidak asing lagi untuk menjadi pilihan investasi syariah. Hal ini dikarenakan diseluruh Bank Syariah sudah menghadirkan produk inii sebagai produk unggulan dalam menginvestasikan dana para Nasabah.

Adapun salah satu perbedaan antara Deposito Syariah dan Konvensional adalah dalam pembagian keuntungan. Jika konvensional menggunakan sistem Bunga Bank yang termasuk riba, sedangkan Syariah menggunakan sistem bagi hasil.

Jika Anda ingin menggunakan produk ini sebagai salah satu investasi dana Anda, Anda dapat memilih berapa lama jangka waktu penyimpanan. Saat ini pada umumnya waktu yang disediakan adalah 1, 3, 6, dan 12 bulan. Selain itu Anda juga dapat memilih apakah ingin diperpanjang otomatis atau tutup dijangka waktu yang telah dipilih.

BACA JUGA:  Jual Beli dan Transaksi Gharar (Part I)

Saham Syariah

Konsep saham merupakan konsep musyarakah/syirkah, dimana adanya penyertaan modal dengan hak bagi hasil usaha. Saham adalah surat bukti bagian modal suatu PT yang dapat diperjual belikan Saham syariah tidak berbeda dengan saham lain hanya saja kita sebagai investor tidak dapat berinvestasi kepada perusahaan yang menjual barang barang yang dilarang atau kegiatan kegiatan yang bertentangan dengan agama.

Oleh karena itu, saham tidak bertentangan dengan prinsip syariah. Akan tetapi tidak semua perusahaan yang sahamnya dibeli melakukan aktivitas sesuai ajaran islam. Maka dari itujika Anda ingin berinvestasi dengan menggunakan saham pastikan kembali apakah sesuai syariah atau tidak.

Reksa Dana Syariah

Reksa Dana Syariah merupakan salah satu wadah investasi kolektif yang dikelola oleh Manajer Investasi dengan cara menginvestasikan dana kelolaan ke efek syariah berupa saham syariah, sukuk, atau instrumen syariah lainnya.

Dalam pelaksanaannya Reksa Dana Syariah diawasi ketat oleh Dewan Syaiah MUI. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dalam hal penyaluran dana yang dikumpulkan tidak sesuai atau bertentangan dengan ajaran islam. Investasi Reksadana Syariah tidak membutuhkan dana yang besar, Anda bisa menemukan beberapa yang menawarkaninvestasi mulai dari nilai Rp 100.000.

Asuransi Syariah

Last but Not Least, produk asuransi merupakan jenis investasi yang bersifat personal. Beberpa tahun belakangan ini asuransi syariah menjadi salah satu jenis investasi yang mulai mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia.

Berbeda hanya dengan Asuransi Konvensional, pemegang asuransi syariah berperan sebagai pemilik dana sedangkan perusahaan asuransi berperan sebagai pengelola dana saja. Sehingga perusahaan asuransi tidak dapat menggunakan dana tersebut tanpa kuasa dari pemilik dana.

Itu tadi sedikit informasi terkait 5 Jenis Investasi Syariah Terbaik yang dapat Anda pilih. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda. Terimakasih.

BACA JUGA:  Mengenal Kredit dalam Islam (Part II)

Add a Comment