Apa Itu Bank Syariah?

Mungkin sehari hari kita sering mendengar istilah “Bank Syariah” namun belum tau apa arti dan pengertiannya. Pada kesempatan ini kami akan menjelaskan Apa itu Bank Syariah serta hal-hal yang mengenainya.

Seiring perkembangan zaman dengan semakin banyaknya masyarakat yang memahami dan menginginkan mendalami agama secara keseluruhan serta mengerti akan keuntungan dari transaksi keuangan syariah menyebabkan semakin banyak masyrakat yang beralih menggunakan jasa keuangan syariah. Peluang ini ditangkap oleh pihak perbankan dunia dengan membuka perbankan syariah sebagai jalan untuk memperluas jaringan dan menambah keuntungan. Gelombang ini juga terasa di Indonesia, hal ini terlihat dari semakin banyaknya Bank Syariah yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.

Picture from islamiceconomic.org

Picture from islamiceconomic.org

#Sejarah Munculnya Bank Syariah di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Bank Syariah muncul di awal tahun 1990-an, yang diawali dengan adanya keresahan para ulama setelah adanya kebijakan pemerintah mengenai kemudahan mendirikan Bank Konvensional dengan modal awal 10 milyar rupiah. Adanya keinginan para ulama untuk membuka bank dengan konsep bebas bunga namun tidak didukung dengan adanya perangkat hukum yang dapat menjad tolak ukur melahirkan Lokakarya Ulama di Cisarua (Bogor) pada tanggal 18-22 Aguistus 1990 mengenai Bunga Bank dan Perbankan. Setelah itu diadakan Musyawarah Nasional IV MUI di Hotel Sahid Jaya Jakarta pada tanggal 22-25 Agustus 1990 untuk menyiapkan pembentukan bank yang bebas bunga atau yang saat ini kita kenal dengan bank syariah. Hingga akhirnya pada tanggal 1 November 1991 berdirilah PT. Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah pertama di Indonesia dan menjadi tanda atau role model pertama atas bank syariah di Indonesia setelah itu muncullah Perbankan Syariah di Indonesia.

BACA JUGA:  Beberapa Biaya dalam Pengajuan KPR Bank

#Prinsip dan Dasar Bank Syariah

Prinsip Non riba yang dipegang oleh Perbankan Syariah ini sesuai dengan perintah Alloh akan larangan riba. Seperti yang telah tertulis di Alquran mengenai pelarangan riba, diantaranya yatiu

Q.S Albaqarah: 278-279

hai Orang orang yang beriman, bertakwalah kepada Alloh dan tinggalkan sisa riba (yang belum dipungut)………. Dan jika kamu bertaubat (dari pengambilan riba) maka bagi mu pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak dianiaya”.

Q.S Al imran: 130

hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kepada Allah supaya kamu mendapatkan keuntungan”.

Q.S An-Nisa: 130

…. Dan disebabkan mereka memakan riba pada hal sesungguhnya mereka telah   orang dengan jalan yang bathil…..”.

Q.S Ar-Ruum: 39

Dan sesuatu riba (tambahan) agar ia bertambah pada harta manusia, maka pada sisi Alloh itu tidak bertambah….

#Pengertian Bank Syariah

Sedari awal berbicara mengenai bank syariah, apa itu bank syariah? Diawali dengan pengertian Bank, Bank merupakan lembaga keuangan dimana memiliki kegiatan utama sebagai menghimpun dana dari masyarakat lalu menyalurkannya kembali kemasyarakat selain dari memberikan jasa bank lainnya. Sedangkan menurut UU RI No 10 tahun 1998, “Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat daam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banya”.

Bagaimana dengan Bank Syariah? Secara garis besar Bank syariah atau perbankan syariah atau perbankan islam adalah Bank yang menjalankan segala kegiatan usahanya sesuai dengan prinsip syariah islam yang sesuai dengan penetapan di bidang syariah. Menurut M. Syafeí Antonio Bank Syariah atau Bank Islam adalah lembaga keuangan yang tata cara operasinya dan produk yang dikembangkan berlandaskan pada AlQuran dan Hadits atau sesuai dengan prinsip syariat islam. Sedangkan menurut Undang-Undang Pasal 2 PBI No. 6/24/PBI/2004 Tentang Bank Umum yang Melaksanakan Kegiatan Usaha Berdasarkan Prinsip Syariah, Bank syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

#Fungsi Bank Syariah

Membahas mengenai fungsi dari Bank Syariah maka hal tersebut tidak jauh beda dengan fungsi bank pada umumnya yaitu menyediakan jasa-jasa keuangan, menghimpun dana dari masyarakat umum dan menyalurkan kembali dana yang dihimpuin kepada masyarakat yang memerlukan dalam bentuk pinjaman. Lalu apa yang membedakannya? Hal yang membedakannya yaitu adanya fungsi sosial sebagai penyalur Zakat Infak Sadaqah, wakaf dan lain-lain yang terdapat pada Bank Syariah. Beberapa prinsip islam yang menjadi prinsip dari bank syariah dalam melakukan transaksi keuangan baik dalam penghimpunan dana ataupun peminjaman dana antara lain:

  1. Bebas dari unsur perniagaan atas barang-barang haram.
  2. Bebas dari riba (bunga) dalam bentuk transaki.
  3. Bebas dari perjudiaan dan spesikulasi yang disengaja (maisir)
  4. Bebeas dar iketidak jelasan dan sifat manipulative (gharar)
  5. Menjalankan bisnis danaktifitas perdagangan (jual-beli; sewa-menyewa; upah-mengupah; kerjasama bagi hasil) yang berbasis untuk memperoleh keuntungan yang sah menurut syariah.

Sumber referensi: 1.) www.ojk.go.id/bank-syariah 2.) www.bi.go.id/id/perbankan/syariah 3.) id.Wikipedia.com 4.) muttaqinhasyim.wordpress.com/1009/05/15/konsep-dasar-bank-syariah.

Nah itulah sekilas mengenai Apa itu Bank Syariah, semoga informasi ini bermanfaat dan menambah pengetahuan anda semua.

Add a Comment