Cara Aman Menggunakan Kartu ATM

Kartu ATM, merupakan salah satu alat penarikan tabungan yang disediakan oleh pihak Bank untuk tabungan yang di buka oleh nasabah. Ada beragam design kartu yang dikeluarkan oleh pihak Bank untuk menarik para nasabah membuka tabungan di Bank tersebut. Oleh karena itu syariahbank.com akan berbagi satu Tips Cara Aman Menggunakan Kartu ATM.

atm

Dengan semakin majunya pola pikir manusia dan teknologi mengakibatkan tidak sedikit nasabah ter”bobol” dana tabungannya dengan memanfaatkan Kartu ATM yang dimiliki nasabah. Ketidaktahuan ataupun ketidak hati-hatian nasabah dalam menggunakan Kartu ATM menjadi salah satu akses masuk para cracker tidak bertanggung jawab.

Oleh karena itu, penting untuk diketahui beberapa cara aman dalam mengguanakan kartu ATM agar lebih mengamankan tabungan nasabah sendiri. Berikut beberapa Cara Aman Menggunakan Kartu ATM:

  1. Pastikan kartu ATM yang didapatkan sesuai dengan tabungan yang di buka. Baik dari nomor kartu, pin pertama yang dimasukkan, hingga jenis kartu ATM.
  2. Rajinlah menganti pin secara berkala. Penggantian pin sebaiknya dilakukan secara berkala terutama setelah melakukan penarikan. Hal ini penting dikarenakan pin merupakan salah satu cara untuk membuka pertahanan nasabah.
  3. Hindari menggunakan pin yang merupakan angka dari tanggal lahir, tanggal pernikahan ataupun moment istimewa anda.
  4. Pastikan PIN ATM hanya anda yang mengetahui, jagalah kerahasiaan PIN ATM anda, dan hindari memberitahukan kepada pihak-pihak di sekitar anda walaupn itu keluarga anda.
  5. Gunakanlah kartu ATM oleh anda sendiri, hindari penggunaan kartu ATM oleh orang lain. Hal ini dikarenakan, pelaku kejahatan kartu ATM paling besar adalah orang terdekat kita.
  6. Simpanlah kartu ATM anda dengan baik dan hati-hati. Tidak jarang kartu ATM yang telah kita simpan di dalam dompet masih dapat rusak dikarenakan bagian hitam kartu lecet hingga tersobek. Hal ini dikarenakan adanya gesekan antara kartu dengan dompet yang terlalu sempit ruangan kartunya.
  7. Apabila kartu Anda tertelan di ATM hubungi Call Center Bank yang resmi. Catatlah atau hapalkan nomor Call Center Bank yang anda gunakan. Jangan langsung dipercaya nomor Call Center yang di tempelkan oleh oknum tidak bertanggung jawab.
BACA JUGA:  Cara Membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah

kartu ATM

Itu tadi sedikit tips cara aman mengggunakan kartu ATM. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menjadikan kita lebih berhati-hati dalam menggunakan fasilitas tersebut. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca artikel syariahbank.com. Mari bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Bank Syariah di Indonesia.

Add a Comment