Cara Blokir Kartu ATM Yang Hilang

kartu ATM Hilang

Picture from solopos.com

Hampir setiap masyarakat yang memiliki tabungan di Bank diberikan fasilitas kartu ATM sebagai salah satu fasilitas untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi financial, baik penarikan, penransferan, ataupun pembelian dan pembayaran . Pemberian fasilitas kartu ATM ini juga merupakan salah satu cara untuk melindungi nasabah membawa uang tunai dengan jumlah besar ketika berpergian.

Bentuknya yang tipis dan kecil mempermudah nasabah dalam menyimpan dan membawanya kemana-mana. Akan tetapi hal ini memungkinkan kartu tersebut tercecer ataupun salah letak sehingga nasabah tidak dapat menumakannya untuk menggunakannya kembali.

Lalu apa yang harus dilakukan jika kartu hilang? Yang harus kita lakukan adalah melakukan pemblokiran kartu dan membuat kartu yang baru.

Cara Blokir Kartu ATM yang Hilang

Berikut beberapa Cara Blokir kartu ATM yang Hilang:

  • Jika kartu Anda hilang, anda dapat melakukan pemblokiran kartu ATM dengan datang langsung ke Kantor Cabang terdekat dari Bank yang Anda gunakan. Apabila kartu yang hilang dari Bank Muamalat, maka anda datang ke Bank Muamalat. Jika Bank Syariah Mandiri maka anda datang ke kantor cabang Bank Syariah Mandiri, begitu pula dengan bank lainnya.
  • Namun, apabila kehilangan kartunya di jadwal tutup kantor cabang atau juga lokasi anda jauh dari kantor cabang Bank dan anda tidak ada waktu dan kesempatan untuk pergi. Maka anda dapat menghubungi Call Center Bank yang anda gunakan sebagai solusi tercepat untuk melakukan pemblokiran.

Pemblokiran melalui Call Center akan memakan pulsa telepon Anda. Oleh karena itu, partikan pulsa yang terdapat di nomor HP anda mencukupi untuk melakukan panggilan tersebut. Hal ini dikarenakan ada beberapa pertanyaan yang harus anda jawab.

BACA JUGA:  Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat

Pertanyaan yang diberikan pihak Call Center adalah sebagai pelindung akun yang anda miliki. Adapun pertanyaan yang diberikan merupakan pertanyaan rahasia diamana hanya anda yang mengetahui jawabannya. Oleh karena itu, beberapa data rahasia sebaiknya tidak pernah anda beritahukan kepada siapapun sebagai perlindungan atas akun-akun yang anda miliki.

Setelah anda melakukan pemblokiran, maka kartu ATM anda tidak dapat digunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Setelah itu, yang harus anda lakukan adalah mendatangi Kantor Cabang Bank anda untuk membuat kartu yang baru. Jangan lupa membawa KTP dan Buku Tabungan.

Itu tadi informasi terkait Cara Blokir Kartu ATM yang Hilang. Semoga membantu anda, terimakasih.

Add a Comment