Cara Cek Rekening Penipu Secara Online

Seiring berkembangnya teknologi, media sosial tidak hanya digunakan sebagai media penyambung tali silaturahim dan informasi. Namun juga digunakan sebagai media jual beli barang. Mulai dari baju, makanan, Handphone hingga perhiasan bahkan kendaraan bermotor.

Akan tetapi, tidak jarang transaksi jual beli barang ini dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan. Aksi penipuan ini biasanya menggunakan modus menjual barang dengan harga yang lebih murah dari harga asli untuk menarik pembeli.

Setelah pembeli melakukan transfer dana ke rekening penipu, penipu akan memblokir nomor pembeli dan menghapus akun media sosialnya. Dan tentunya barang tidak akan diterima oleh pembeli karena tidak pernah dikirim.

Oleh karena itu,untuk menghindari terjadinya tindakan penipuan tersebut Anda sebaiknya melakukan pengecekan rekening penjual terlebih dahulu. Pengecekan ini bertujuan untuk mengetahui apakah rekening penjual pernah dilaporkan sebagai rekening penipuan.

Ada 4 situs yang bisa Anda gunakan untuk mengecek rekening penjual. Berikut beberapa situsnya:

Cekrekening.id

Situs ini dihadirkan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Indonesia untuk menampilkan rekam jejak nomor rekening hingga nama pemilik rekening. Apabila nomor rekening pernah dilaporkan sebagai rekening penipuan maka akan muncul keterangan “rekening penipu”.

Kredibel.co.id

Sama dengan situs sebelumnya, situs ini juga menampilkan rekam jejak nomor rekening hingga nama pemiliknya. Dan apabila nomor rekening pernah digunakan sebagai rekening penipuan, maka akan muncul keterangan bahwa nomor rekening tersebut adalah rekening penipu.

Lapor.go.id

Situs ini dihadirkan untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan pengaduan atas penipuan Online. Situs resmi ini langsung dikelola dibawah Kementrian PANRB. Sama dengan kedua situs sebelumnya, pada situs ii kita bisa meminta informasi terkait nomor rekening penjual. Selain meminta informasi, kita juga bisa melakukan pelaporan jika terlah terjadi penipuan.

Instagram @Indonesiablacklist

Selain melalui situs yang telah disebutkan sebelumnya, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mengecek ada tidaknya kasus penipuan.  Anda dapat mengikuti akun Instagram @indonesiablacklist , akunitu telah mengumpulkan dan menyusun kasus penipuan yang terjadi di toko daring maupun Instagram.  Apabila Anda membutuhkan bantuan, akun ini juga menyediakan layanan mediasi secara gratis bila mengalami penipuan online. Anda dapat mengirimkan direct message ke admin @indonesiablaclist saja untuk mendapatkan bantuan.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.