Cara Ganti Buku Tabungan yang Hilang

cara ganti buku tabungan hilang

Buku tabungan Anda hilang? Berikut informasi Cara Ganti Buku Tabungan Yang Hilang.

Apabila seseorang membuka tabungan di Bank, pastinya nasabah tersebut akan mendapatkan beberapa item sebagai bukti telah memiliki rekening. Diantaranya Buku Tabungan, kartu ATM,  dan Token (beberapa Bank).

Buku tabungan sendiri berfungsi sebagai tempat informasi catatan atau rincian transaksi keuangan (uang keluar dan masuk) yang kita lakukan selama kita memiliki rekening tersebut. Selain itu, buku tabungan juga merupakan salah satu bukti menjadi nasabah di suatu bank. Serta menjadi salah satu syarat apabila ingin melakukan transaksi melalui teller, terutama jika ingin melakukan pengiriman dana ke lain bank.

Kondisi buku tabungan hilang bias saja terjadi pada seorang nasabah. Hal ini dapat terjadi dikarenakan kesalahan peletakan oleh nasabah atau anggota keluarga  dan mengalami tindakan kriminal seperti pencurian atau penjambretan.

Cara Mengganti Buku Tabungan yang Hilang

Jika Anda mengalami kehilangan buku tabungan, maka secepatnya Anda harus melakukan pelaporan kekantor cabang bank terdekat dan melakukan penggantian buku tabungan. Dn untuk melakukan kepengurusan tersebut ada beberapa persyaratan yang harus Anda siapkan, berikut diantaranya:

  • Surat keterangan hilang.
  • Identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/ Paspor).
  • Kartu ATM dari rekening yang buku tabungannya hialng.

Untuk surat keterangan hilang bisa Anda dapatkan dari kantor kepolisian yang terdekat dengan lokasi Anda. Surat keterangan ini berfungsi sebagai bukti kuat bahwa buku tabungan Anda hilang. Sehingga proses penggantian buku dapat dilanjutkan.

Setelah persyaratan semua telah lengkap Anda dapat melanjutkan prosesnya dengan cara:

  • Anda mendatangani kantor cabang bank terdekat dari bank yang Anda gunakan.
  • Minta bantuan kepada Customer Service dengan memberikan persyaratan yang telah Anda siapkan.
  • Ikuti prosedur yang ada seperti menjawab beberapa pertanyaan rahasia yang hanya Anda mengetahui, serta mengisi beberapa formulir sebagai pelengkap.
  • Sebelum prose penggantian buku dilakukan, biasanya pihak Customer Service akan memberikan pilihan kepada nasabah (terutama yang hilang karena tindakan kriminal), yaitu Mengganti buku tabungan atau Menutup tabungan yang lama dan mengganti dengan tabungan baru.
  • Bila Anda telah melakukan pilihan mengganti buku tabungan, maka harap bersabar dengan proses yang sedang berlangsung. Proses penggantian buku makasimal dilakukan 40 menit.
  • Setelah proses selesai, Anda akan dikenakan biaya penggantian buku yang besarnya bergantung pada kebijakan masing-masing Bank.
BACA JUGA:  Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat

Proses telah selesai, Anda telah mendapatkan buku tabungan baru. Anda juga dapat langsung meminta untuk mencetak transaksi terbaru. Itu tadi infomrasi terkait Cara Ganti Buku Tabungan yang Hilang. Semoga dapat membantu Anda. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.