Cara Melapor Penipuan Online

Saat ini, penipuan online marak terjadi terutama di akun-akun media sosial. Akun media sosial yang semestinya sebagai wadah untuk menjalin komunikasi dan informasi dijadikan ladang untuk para penipu melancarkan aksinya.

Seiring perkembangan teknologi, platform media sosial tidak hanya digunakan sebagai wadah berbagi informasi akan tetapi juga digunakan sebagai wadah jualan online. Metode jualan online ini menjadi salah satu trik para penipu melancarkan aksinya. Mereka berpura-pura menjual barang baik baju, alat elektronik hingga perhiasan dengan harga sangat murah.

Selain penipuan belanja online, para penipu juga terkadang mengatasnamakan pihak polisi atau instansi-instasi pemerintahan untuk melancarkan aksinya. Lalu bagaimana jika Anda mengalami kasus penipuan online? Apa yang harus dilakukan?

Cara Melapor Penipuan Online

Bagi Anda yang mengalami kasus penipuan secara online ada beberapa cara yang harus anda lakukan. Berikut beberapa cara melaporkan penipuan online :

Melapor ke Kantor Polisi terdekat

Jika Anda mengalami kasus penipuan online maka hal yang pertama dilakukan adalah membuat laporan ke Kantor Polisi. Setelah Anda melakukan pelaporan, Anda akan mendapatkan Surat Keterangan dari Polisi yang berguna jika ingin melanjutkan pelaporan kepihak Bank.

Melapor ke Bank yang digunakan penipu

Setelah Anda mendapatkan Surat Keterangan dari Kepolisian, Anda dapat melanjutkan pelaporan ke Bank yang digunakan oleh penipu. Jangan lupa untuk membawa Kartu Identitas yang masih berlaku dan juga bukti penyetoran serta bukti chat dengan penipu.

Laporkan penipuan lewat situs Lapor.go.id

Situs ini dihadirkan untuk mempermudah masyarakat untuk melakukan pengaduan atas penipuan Online. Situs resmi ini langsung dikelola dibawah Kementrian PANRB.  Berikut cara melakukan pelaporan pada Lapor.go.id:

  1. Pilih kategori pelaporan, yakni “Pengaduan”
  2. Tulis judul pelaporan Tuliskan detil kejadian penipuan, meliputi nama akun penipu, jumlah kerugian, dan keterangan lainnya secara lengkap
  3. Pilih tanggal kejadian
  4. Pilih lokasi kejadian
  5. Pilih instansi (kementrian atau Pemprov) tujuan yang berkaitan dengan laporanmu
  6. Pilih kategori “Tindak Pidana” pada kategori “Situasi Khusus”
  7. Upload lampiran (jika ada) dengan ukuran maksimal 2 MB.
  8. Pilih kategori pengadu
  9. Klik LAPOR!
  10. Isi data diri, setujui syarat dan ketentuan layanan, lalu laporanmu selesai diajukan

Melapor melalui situs Layanan.kominfo.go.id

Hampir sama dengan situs Lapor.go.id, situs Layanan.kominfo.go.id juga dihadirkan untuk menerima laporan dari masyarakat yang telah ditipu scara online.

Itu tadi beberapa Cara Melapor Penipuan Online yang dapat Anda lakukan. Semoga dapat membantu Anda.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.