Cara Melunasi Biaya Haji 2018

Jika anda ingin melakukan pelunasan biaya ibadah haji, maka ada beberapa hal yang harus anda ketahui. Berikut informasi terkait Cara Melunasi Biaya Haji 2018.

Seperti yang telah diketahui, jadwal pelunasan ibadah haji 2018 telah ditetapkan oleh pemerintah. Para calon jamaah haji dapat langsung melakukan pelunasan di Bank Syariah yang telah mereka pilih diawal pendaftaran ibadah haji.

Akan tetapi sebelum melakukan pelunasan di Bank Syariah, ada beberapa dokumen yang harus anda persiapkan terlebih dahulu, diantaranya:

  • KTP calon jamaah haji.
  • Buku tabungan haji dengan saldo yang mencukupi untuk melakukan pelunasan.
  • Bukti pengambilan nomor porsi yang dipegang nasabah.
  • Pasfoto calon jamaah haji dengan ukuran 3×4 dan 5×6 (sisa dari foto yang telah digunakan sebelumnya).
  • Materai Rp 6.000 1 (satu) lembar.

Cara Melunasi Biaya Haji 2018

Setelah anda menyiapakn semua berkas dan dokumen yang telah ditentukan. Adapun tahapan pelunasan BPIH menurut Kementrian Agama (Sumber: Republika.com),  sebagai berikut:

  1. Pelunasan BPIH dilakukan di BPS BPIH sesuai tempat mendaftar atau BPS BPIH pengganti (bagi nasabah eks BPIH) di kabupaten/kota.
  2. Jumlah pelunasan BPIH reguler sebesar selisih kekurangan antara besaran BPIH reguler dengan jumlah setoran awal BPIH dengan terlebih dahulu menunjukkan bukti asli setoran awal BPIH lembar pertama pada petugas BPS BPIH.
  3.  Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler, mendapatkan bukti setoran lunas BPIH yang dicetak dari aplikasi Siskohat, buku manasik haji, seragam batik, dan untuk pria mendapatkan kain ihram dan wanita mendapatkan mukenah.
  4.  Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan, harus melaporkan diri dengan membawa bukti setoran pelunasan BPIH reguler ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.
  5. Bagi jamaah haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler tahun 1439H/2018M, diharapkan telah membuat paspor di kantor imigrasi setempat dan menyerahkannya ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota untuk diproses penerbitan visa.
  6. Dan bagi Jamaah Haji yang telah melakukan pelunasan BPIH reguler namun belum menjadi anggota BPJS, agar segera mendaftar sebagai anggota BPJS.
BACA JUGA:  Syarat, Kewajiban dan Hak Anggota Koperasi Syariah 212

Itu tadi infromasi terkait Cara Melunasi Biaya Haji 2018. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. Terimakasih.

Add a Comment