Cara Membatalkan Nomor Porsi Haji

Seperti yang kita ketahui, tahun 2020 tidak akan ada jemaah haji yang akan diberangkatkan. Hal ini terkait dengan pandemi Covid-19 yang masih bergejolak di seluruh negara. Selain itu juga ada beberapa isu yang menyatakan bahwa dana haji dipakai oleh negara terlebih dahulu.

Oleh karena itu ada beberapa pihak calon jamaah haji yang berniat untuk membatalkan porsi haji yang telah diambil. Jika Anda ingin melakukan hal tersebut ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Kantor Kementrian Agama

Calon Jamaah Haji datang ke Kantor Kementrian Agama Kabupaten/Kota dimana Anda berdomisili (sesuai KTP) dengan membawa syarat-syarat sebagai berikut:

  • Surat Permohonan Pembatalan dari CJH bersangkutan ditujukan ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten / Kota dengan menyebutkan alasan pembatalan, dibubuhi tanda tangan dan bermaterai Rp. 6000.
  • Bukti Setoran BPIH tabungan awal/ lunas yang dikeluarkan bank tempat melakukan setoran,
  • Surat Pernyataan Pergi Haji (SPPH. Buku Tabungan Haji.
  • Fotocopy KTP JCH yang mengajukan pembatalan.

Kantor Cabang Bank

Setelah Anda proses pembatalan selesai di Kantor Kementrian Agama, Anda dapat mendatangi kantor Cabang Bank dimana tabungan haji di buka. Sertaka beberapa dokumen, antara lain:

  • Kartu Identitas Penduduk (KTP/SIM) yang masih berlaku.
  • Buku Tabungan Haji.
  • Surat bukti pembatalan haji dari Kementrian Agama.

Sesampai di Bank Anda dapat langsung mendatangi Customer Service dengan dilengkapi dokumen di atas. Proses selanjutnya akan dilakukan pihak Bank.

Biasanya Tabungan Haji Anda akan ditutup sebagai prosedur pengambilan dana haji. Akan tetapi, kembali lagi kepada kebijakan masing-masing Bank.

Proses penutupan Tabungan  Haij di Bank biasanya membutuhkan waktu maksimal 15 menit. Setelah proses di Customer Service selesai, Anda dapat mengambil dana yang ada di Teller. Dan apabila Anda ingin mengambil porsi kembali, maka Anda akan mulai dari awal dengan masa tunggu sesuai peraturan diwaktu Anda mengambil porsi.

Itu tadi informasi terkait Cara Membatalkan Nomor Porsi Haji. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan. Apabila masih ada informasi lain yang ingin Anda ketahui lebih lanjut, Anda daoat mendatangi Kantor Kementrian Agama terdekat atau Kantor Cabang Bank terdekat.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.