Cara Membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah

Tabungan Hasanah BNI Syariah adalah salah satu jenis tabungan unggulan dari perbankan syariah milik negara, berikut ini cara membuka tabungan Hasanah BNI Syariah.

Jika anda ingin membuka tabungan di Bank, Bank Syariah dapat menjadi pilihan yang tepat. Ada banyak Bank Syariah yang dapat anda pilih, dari Muamalat, BNI Syariah, BRI Syariah, Mandiri Syariah dan Bank Syariah lainnya. Seperti halnya pembukaan rekening  Tabungan Faedah BRI Syariah yang sudah dijelaskan di tulisan sebelumnya ada beberapa syarat dan biaya yang perlu anda siapkan sebelum membuka tabungan ini.

Syarat Membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah

Sebelum anda pergi menuju Kantor BNI Syariah terdekat untuk melakuka pembukaan tabungan, ada beberapa hal yang harus anda siapkan, yaitu

  • Kartu Tanda Penduduk atau kartu identitas lainnya yang resmi dan masih berlaku.
  • Setoran awal sebesar Rp 100.000,-

Untuk diketahui, KTP yang digunakan adalah KTP elektronik. Apabila anda belum memiliki KTP elektronik dikarenakan masih dalam proses pembuatan, maka anda perlu menyiapkan Surat Keterangan Pembuatan KTP yang dikeluarkan oleh kelurahan.

Dan apabia alamat pada KTP berbeda dengan lokasi (beda kabupaten atau provinsi) membuat tabungan, maka anda perlu melampiri dengan surat domisili atau surat referensi dari kantor dimana anda bekerja. Begitu pula dengan WNA, anda perlu melampirkan pasport dan surat keterangan kerja dari kantor.

Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Hasanah BNI Syariah

Untuk membuka satu tabungan Hasabah BNI Syariah, anda perlu menyiapkan sejumlah uang, berikut rinciannya:

  • Uang setoran awal miniml Rp 100.000-
  • Biaya materai 1 buah Rp 6.000,- (jika punya materai sendiri, maka bisa digunakan)
  • Biaya pembuatan kartu ATM sebesar Rp 5.000,-
  • Biya aktifasi token sebesar Rp 10.000,-

Dari rincian biaya tersebut, berarti total dana yag sebaiknya anda siapkan adalah senilah Rp 121.000,-.

Cara Membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah

Setelah anda menyiapkan semua persyaratan dan biaya, maka berikut tahapan yang harus anda lalui untuk membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah:

  • Datangi salah satu kantor BNI Syariah yang paling dekat dengan lokasi anda. Setelah sampai maka ambillah nomor antrian Customer Service. Jika anda mengalami kebingungan maka dapat bertanya kepada Security yang berjaga di pintu masuk.
  • Setelah nomor anda dipanggil, anda menuju Customer Service (CS). Di hadapan CS anda tidak langsung mengisi formulir, namun anda akan diberitahukan informasi terkait tabungan iB Hasanah.
  • Jika anda telah memilih jenis tabungan iB Hasanah (akad wadi'ah atau Mudharabah), anda akan mengisi formulir disertai dengan penyerahan persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya. Dan apabila anda ingin mengaktifkan SMS Banking ataupn Internet Banking sebaiknya langsung dilakukan di saat itu juga.
  • Setelah selesai mengisi, CS akan membuka tabungan dan mengaktifkan kartu ATM. Selanjutnya CS kan menuju teller untuk menyerahkan Buku tabungan untuk di prit, lalu CS akan menyuruh kita menunggu dipanggil bagian Teller. (Selesailah transaksi degan CS)
  • Bila sudah dipanggi Teller, anda serahkan uang setoran awal dan juga biaya lainnya. Dan selesailah proses pembukan tabungan iB Hasanah, anda akan memiliki Buku Tabungan, Kartu ATM, SMS Banking, dan Internet Banking.

Itu tadi sedikit informasi Cara Membuka Tabungan Hasanah BNI Syariah. Semoga dapat menambah informasi dan memudahkan anda dalam melakukan pembukaan tabungan. Teirmakasih telah berkunjung ke Syariahbank.com.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.