Cara Mengirim Uang Ke Luar Negeri dengan Western Union

Di setiap tahunnya semakin banyak mahasiswa Indonesia yang berkuliah di luar negeri. Begitu pula para pekerja Indonesia yang mengejar karir di luar negeri. Hal ini mengakibatkan pengiriman uang lintas negara, terlebih di masa pandemi Covid-19, menjadi kebutuhan para orangtua dan pekerja.

Ada banyak cara dan media untuk melakuka pengiriman yang ke luar negeri. Diantaranya Anda dapat memanfaatkan layanan Western Union, ATM, ataupun melalui teller Bank. Untuk informasi lebih jelas berikut salah satu cara mengirim uang ke luar negeri yaitu Western Union

Cara Mengirim Uang ke Luar Negeri dengan Western Union

Layanan Western Union sudah tidak asing dan paling sering digunakan masyarakat Indonesia untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Western Union ini telah berdiri sejak tahun 1851 di Colorado, Amerika Serikat

Jasa layanan ini paling mudah ditemui di daerah-daerah, selain itu juga biaya yang ditawarkan tidak terlalu mahal. Salah satu keunguulan dari jasa ini adalah proses pengiriman uang hanya membutuhkan waktu beberapa detik setelah proses selesai dilakukan.

Tidak ada batas minimal untuk melakukan pengiriman uang dengan jasa Western Union. Artinya, Anda dapat mengiriman uang dalam jumlah berapapun.

Bagaimana cara memanfaatkan layanan ini, berikut cara transfer yang menggunakan Western Union:

  • Pergi ke kantor cabang Western Union terdekat di kotamu.  
  • Membawa identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/passport).
  • Mengisi formulir pengiriman uang yang diberikan oleh petugas.
  • Petugas akan melakukan verifikasi data dengan mencocokkannya berdasarkan formulir yang diisikan.
  • Menyerahkan uang yang ingin ditransfer.
  • Kirimkan bukti transfer ke penerima untuk melakukan pengambilan di Western Union negara mereka (siapa pengirimnya, nomimal yang di transfer, kota daerah, serta Kode MTCN (Money Transfer Control Number) ).

Seperti jasa lainnya, untuk melakukan pengiriman uang dengan menggunakan Western Union juga akan dikenakan biaya. Besar biaya yang dibutuhkan tergantung dari jumlah uang yang akan dikirim. Berikut daftar biaya yang harus dikeluarkan:

Dalam Negeri

Luar Negeri

Itu tadi sedikit informasi terkait cara mengirim uang melalui Western Union. Semoga dapat membantu Anda yang ingfin mengirim uang keluar negeri tapi tidak memiliki rekening bank.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.