Cara Tutup Rekening Bank Syariah

cara tutup tabungan bank syariah

Jika anda memiliki beberapa rekening syariah, dan berencana menutup salah satu rekening yang ada. Maka ada beberapa cara yang dapat anda lakukan. Berikut beberapa Cara Tutup Rekening Bank Syariah.

Menabung di bank merupakan salah satu cara terbaik untuk melakukan penyimpanan uang yang aman. Selain itu, anda juga dapat menerima banyak keuntungan lainnya jika menabung di bank. Tidak jarang satu orang memiliki beberapa akun rekening di satu bank ataupun di bank berbeda. Dan tidak menutup kemungkinan ada saja akun yang sudah tidak aktif atau tidak digunakan.

Dikarenakan akun tersebut sudah tidak digunakan, anda berencana untuk melakukan tutup tabungan. Pada artikel ini, syariahbank.com akan berbagi informasi cara tutup rekening bank syariah.

Cara Tutup Rekening Bank Syariah

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan jika anda ingin melakukan tutup akun atau tabungan yang anda miliki, berikut diantaranya:

Menutup Rekening Langsung ke Bank

Sala satu cara untuk tutup rekening yang kita punya adalah langsung datang ke Bank dan melakukan proses penutupan. Biasanya proses penutupan rekening akan berlangsung cepat apabila kita menutup di lokasi kita membuka rekening. Namun, apabila kita melakukan penutupan di lokasi yang berbeda maka akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Untuk melakukan penutupan anda perlu membawa beberapa persyaratan utama, yaitu:

  • Buku tabungan yang akan ditutup.
  • Kartu ATM yang dimiliki
  • Kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/Paspor)
  • Jika anda diberikan fasilitas token gadget ketiika pembukaan rekening, maka benda tersebut harus anda bawa juga.
  • Biaya penutupan rekening, besarnya sesuai dengan jenis tabungan yang dimiliki. Dan biasanya akan diambil langsung dari sisa dana yang ada di rekening Anda. Akan tetapi, dapat juga anda bayar secara terpisah.
BACA JUGA:  Cara Menghitung Tagihan Kartu Kredit BNI Syariah

Setelah semua persyaratan dibawa ke pihak Customer Service maka anda akan diminta untuk menandatangani beberapa dokumen. Baru setelah itu pihak Customer Service akan melanjutkan proses penutupan rekening. Dan jika telah selesai semua buku tabungan dan kartu atm akan dipotong sebagai bukti bahwa rekening tersebut telah di tutup.

Mengosongkan Saldo Rekening

Selain dengan melakukan tutup tabungan di Bank, cara lainnya adalah dengan mengosongkan saldo rekening hingga sebesar saldo minimum. Besar saldo minimum tergantung dengan jenis tabungan yang anda miliki, karena setiap tabungan berbeda besar saldo minimum.

Ada beberapa cara mengosongkan saldo rekening, diantaranya:

  • Menarik semua yang yang ada dan menyisakan saldo minimum melalui teller Bank.
  • Melakukan penarikan semua saldo yang ada selain saldo minimum di ATM.
  • Mentransfer dana yang ada dengan menyisakan saldo minimum ke rekening lain melalui aplikasi, ATM, ataupun teller dengan biaya pengiriman dari Rp 5.000 hingga Rp 6.500 tergantung bank yang anda gunakan.

Sisa saldo yang ada lama kelamaan akan habis untuk membayar biaya administrasi bulanan. Setelah kosong, rekening akan dormant atau tertidur. Dan semakin lama dormant maka rekening akan mati atau tertutup otomatis.

Rekening Otomatis tutup sendiri

Kenapa bisa? Jika anda memiliki akun rekening yang sudah lama tidak digunakan atau diisi, anda dapat membiarkan saja rekening tersebut. Rekening yang sudah lama tidak aktif dan tidak memiliki saldo dalam jangka waktu tertentu akan otomatis tertutup oleh sistem. Lalu apabila anda ingin memiliki jenis tabungan yang sam, anda dapat membuka kembali tabungan dengan no rekening yang berbeda dengan sebelumnya.

Langkah ini merupakan salah satu langkah sederhana yang dapat anda gunakan. Anda hanya perlu membiarkan atau melupakan. Akan tetapi langkah ini termasuk tidak baik juga, oleh karena itu jika anda memiliki waktu sebaiknya menutup rekening langsung di Bank.

BACA JUGA:  Cara Daftar Mobile Banking Bank Muamalat Terbaru

Itu tadi beberapa Cara Tutup Rekening Bank Syariah. Semoga dapat membantu anda, terimakasih.

Add a Comment