Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat

pembukaan rekening giro bank syariah

Bagi Anda yang memiliki rekening giro Bank Muamalat dan berencana untuk menutupnya, maka Anda perlu mengetahui Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat. Berikut informasinya.

Jika Anda pengusaha, biasanya sebuah perusahaan ataupun pengusaha akan menggunakan rekening giro untuk bertransaksi. Hal ini dilakukan karena lebih memudahkan dalam mengatur keuangan serta mengurangi resiko kesalahan pembayaran.

Namun, apabila Anda sudah tidak membutuhkan rekening giro tersebut maka sebaiknya rekening tersebut di tutup. Pada dasarnya ada beberapa ketentuan dalam penutupan rekening giro, yaitu:

  • Penutupan rekening dapat dilakukan atas permintaan nasabah atau keputusan bank dengan alasan tertentu.
  • Penutupan rekening atas keputusan bank akan diberitahukan kepada nasabah secara tertulis pada saat penutupan dilakukan.
  • Sejak saat penutupan rekening, nasabah tidak dapat melakukan aktivitas transaksi pada rekening yang telah ditutup.
  • Seluruh sisa buku/bilyet giro yang belum digunakan oleh nasabah harus dikembalikan kepada bank.

Syarat Tutup Rekening Giro Bank Muamalat

Ada beberapa dokumen yang harus Anda siapkan apabila ingin menutup rekening Giro Bank Muamalat yang Anda miliki:

  • Seluruh lembar Cek atau Giro yang tidak atau yang batal digunakan. Jika ada yang hilang maka harus disertai dengan surat keterangan hilang dari kepolisian.
  • Kartu Identitas dari pihak-pihak yang membuka rekening giro atau yang bertAnda tangan.
  • Surat permohonan penutupan rekening giro dari perusahaan.

Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat

Untuk Anda nasabah Bank Muamalat yang memiliki rekening Giro dan berencana untuk menutupnya, maka ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

  • Seluruh pengurus atau pihak yang bertanggung jawab atas giro hadir di Bank Muamalat yang terdekat dengan membawa seluruh dokumen syarat tutup Giro.
  • Pergilah menuju Customer Service (CS) dan isi seluruh formulir yang disediakan dengan lengkap (pihak CS akan menerangkan terkait formulir tersebut). Pihak CS akan mengambil data pembukaan rekening Giro untuk mencocokkan data-data yang ada.
  • Selagi Anda menulis, biasanya pihak CS akan mulai melakukan penutupan rekening dimulai dengan penonaktifan lembar Cek atau Giro yang dimiliki.
  • Apabila Anda tidak memiliki sisa Lembar Cek atau Giro, maka Anda akan diwajibkan membeli “Counter Check”  yang berfungsi untuk menarik sisa dana yang ada. Saldo minimum juga akan dikembalikan kepada Nasabah.
  • Setelah proses di CS selesai, maka Anda tinggal mengambil sisa dana di pihak Teller.
  • Penutupan rekening Giro pun telah selesai. Proses penutupan rekening Giro ini berlangsung minimal 40 menit. Hal ini bergantung dari seberapa banyak sisa lembah Cek dan Giro yang Anda punya.
  • Harap bersabar selama proses penutupan sedang berlangsung.

Jika para pengurus yang berwenang membuka Giro tidak dapat hadir ke Bank Muamalat, maka salah satu perwakilan dengan membawa surat kuasa dapat datang ke Bank Muamalat dengan membawa semua berkas penutupan Giro untuk mengambil formulir yang dibutuhkan. Selanjutnya kembali lagi keesokan harinya untuk melanjutkan proses penutupan.

Namun, selama pihak yang mewakili belum datang kembali membawa semua berkas yang dibutuhkan, pihak CS tidak dapat melanjutkan penutupan. Penutupan hanya dapat dilakukan apabila berkas sudah lengkap dan pihak yang menutup ada di area Bank.

Itu tadi informasi terkait Cara Tutup Rekening Giro Bank Muamalat. Semoga dapat bermanfaat. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.