Contoh Praktek Riba dalam Kehidupan Sehari-hari

Bagi anda yang masih bingung apakah transaksi yang anda lakukan termasuk riba atau bukan. Beikut beberapa Contoh Praktek Riba dalam Kehidupan Sehari-hari.

Anda tentunya sudah tidak asing dengan istilah Riba. Pada artikel sebelumnya, syariahbank.com telah berbagi informasi terkait pengertian dan jenis, serta landasan hukum riba itu sendiri.

Riba menurut bahasa berarti ziyadah (tambahan) atau nama’ (bekembang). Menurut Yusuf al-Qardawi, setiap pinjaman yang mensyaratkan didalamnya tambahan adalah riba. Apabila dibuat lebih sederhana, riba adalah pengambilan tambahan, baik dalam transaksi maupun pinjam-meminjam secara bathil atau bertentangan dengan ajaran islam.

contoh praktek riba

Contoh Praktek Riba

Walaupun telah mengetahui istilah riba, tetapi masih banyak yang secara tidak sadar masih melaksanakan praktek jual-beli atau hutang piutang yang mengandung prinsip Riba. Untuk menambah informasi Anda terkait hal ini, berikut beberapa contoh praktek riba dalam kehidupan sehari-hari:

  • Fulan meminjam uang dengan Fulana sebesar Rp 500.000  dengan tempo dua bulan. Saat  waktunya tiba Fulana meminta uang yang dipinjam, akan tetapi Fulan berkata bahwa ia belum dapat membayar uang yang dipinjam dan meminta waktu tambahan satu bulan. Fulana menyetujui dengan memberikan syarat bahwa uang yang harus dibayar menjadi Rp 560.000. Penambahan jumlah tersebut termasuk kategori Riba Jahiliyah

 

  • A ingin meminjam uang kepada B sebesar Rp 500.000.  B menyetujui namun dengan syarat ketika A hendak mengembalikan uang, maka uang yang harus dikembalikan A adalah sebesar Rp 550.000. Kelebihan Rp 50.000 tersebut termasuk kedalam Riba Qardh.

 

  • Fulana membeli dan mengambil emas seberat 3 gram pada bulan ini, akan tetapi uangnya diserahkan pada bulan depan. Hal ini termasuk kedalam riba Nasi’ah, hal ini dikarenakan harga emas pada bulan ini belum tentu dan pada umumnya akan berubah di bulan depan.

 

  • Seseorang menukarkan 10 gram emas  (jenis 916) dengan 12 gram emas (jenis 750). Pertukaran seperti ini tidak diperbolehkan, walaupun jenis 750 lebih berat dibandingkan jenis 916. Hal ini dikarenakan sebaiknya dalam pertukaran keduanya memiliki berat timbangan dan jenis yang sama.

 

  • Contoh lainnya Fulan menjual satu wadah penyimpan makanan seharga Rp 275.000. Jika Anda membayar secara tunai, Anda harus membayar Rp 275.000. Namun, jika anda membeli secara kredit, cicilan harus dilakukan sebanyak 6 kali sebesar Rp 50.000. Disini terjadi perbedaan harga membeli secara tunai dan kredit, jika tunai Rp 275.000 namun jika kredit totalnya menjadi Rp 300.000. Kelebihan Rp 25.000 inilah yang termasuk kedalam riba.

Itu tadi sebagian Contoh Praktek Riba dalam Kehidupan Sehari-hari. Semoga dapat menambah informasi anda terkait riba. Terimakasih telah berkunjung.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.