Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit Logo GPN

Apakah Anda pernah mendengar istilah GPN ? Jika belum, berikut Informasi terkait Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit Logo GPN.

Seperti yang diberitakan diberagam media, sejak bulan April pihak Bank Indonesia sedang gencar mengkampanyekan penukaran kartu debit berlogokan GPN di seluruh Indonesia. Adapun waktu penukaran kartu debit ini akan dilakukan dalam 3 (tiga) gelombang dari bulan Juli hingga Oktober.

Masih belum tahu apa itu GPN? GPN merupakan singkatan dari  Gerbang Pembayaran Nasional. GPN sendiri merupakan sistem yang dibangun untuk mengintegraskan berbagai instrument dan kanal pembayaran secara nasional.

kekurangan kelebihan debit logo GPN

Selanjutnya, apa yang berubah dengan Visa dan Mastercard setelah GPN? Visa dan Mastercard selama ini memproses transaksi pembayaran di luar negeri. Dengan adanya aturan GPN, maka pihak Visa dan Mastercard diwajibkan untuk memproses transaksi pembayaran di dalam negeri yang bekerjasama dengan perusahaan local.

Kelebihan Menggunakan kartu Debit  Logo GPN

Adapun kelebihan dalam menggunakan kartu Debit dengan logo GPN antara lain:

  • Dapat digunakan untuk transaksi di seluruh mesin ATM dan EDC di dalam negeri. Sehingga masyarakat tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar dalam bertransaksi karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi.
  • Biaya Transaksi antarbank di mesin EDC menjadi lebih murah. Biaya yang dikenakan hanya sebesar 1 persen dari 2-3 persen sebelumnya. Akan tetapi kebijakan ini tidak mengurangi keuntungan dari pihak Bank.
  • Nasabah dapat menghemat biaya administrasi kartu setiap bulannya  sekitar Rp 1.000.
  • Keuntungan lainnya yaitu seluruh kartu debit telah berteknologi Chip. Sehingga transaksi menjadi lebih aman dari tindakan kejahatan perbankan seperti skimming.
  • Penggunaan kartu GPN juga membantu menghemat devisa Negara.

Kekurangan Menggunakan Kartu Debit Logo GPN

Selain keuntungan, penggunaan kartu GPN ini juga masih ada kekurangan. Salah satunya adalah Kartu Debit GPN hingga saat ini masih belum bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri. Oleh karena itu, hal ini mengakibatkan masih terdapat nasabah yang ragu untuk melakukan penukaran.

Itu tadi informasi terkait Kelebihan dan Kekurangan Kartu Debit Logo GPN. Semoga dapat membantu. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.