Langkah Jika Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

tarik tunai uang tidak keluar saldo berkurang

Anda mengambil uang di mesin ATM namun tidak keluar? Jika Anda mengalami kondisi demikian berikut Langkah Jika Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM.

Setiap nasabah suatu bank akan dilengkapi dengan kartu ATM dan buku tabungan sebagai bukti kepemilikan rekening. Pemberian kartu ATM bertujuan untuk mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi keuang baik tunai dan Non tunai tanpa harus ke Bank.

Penarikan dana tunai melalui mesin ATM sudah sangan lazim dilakukan oleh nasabah. Apalagi saat ini keberadaan mesin ATM sudah sangat banyak, dan nasabah bank dapat menggunakan mesin ATM Bank apa saja. Hal ini menjadi cara yang lebih efektif dan menghemat waktu Anda

Akan tetapi, penggunaan ATM ini juga tidak 100% akan lepas dari masalah. Selain kartu hilang, kartu tertelan, Anda juga mungkin akan mengalami uang yang tidak keluar dari mesin ATM. Jika hal itu terjadi, apa yang harus Anda lakukan? .

Penyebab Uang Tidak Keluar

Ada beberapa penyebab uang tidak keluar dari mesin ATM ketika kita sedang melakukan transaksi keuangan, diantaranya:

  • Mesin ATM sedang error atau gangguan
  • Terjadi pemadaman listrik, sehingga mesin ATM mati ketika transaksi sedang berlangsung.
  • Adanya benda atau alat yang ditempelkan di tempat uang keluar di mesin ATM. Hal ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, dengan tujuan untuk mendapatkan dana nasabah.

Langkah Jika Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM

Apabila kejadian tersebut menimpa Anda, maka ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan:

  • Tidak panik dan tetap tenang.
  • Pastikan kartu ATM Anda sudah keluar dan diambil. Hal ini mengurangi kemungkinan kartu ATM ikut tertelan.
  • Cek kembali bagian uang keluar di mesin ATM apakah ada benda asing yang tertempel pada bagian tersebut yang menyebabkan uang sulit keluar. Dan tunggu beberapa saat.
  • Hubungi Call Center bank yang Anda gunakan untuk melakukan pelaporan sementara. Terutama apabila kejadian tersebut terjadi di saat jam tutup kantor. Anda harus mengingat di lokasi ATM mana dan jam berapa untuk lebih memudahkan dalam pelaporan.
  • Jika masih dalam jam pelayanan kantor, maka sebaiknya Anda langsung melaporkan kejadian tersebut di kantor cabang bank terdekat dengan Anda melalui Customer Service. Laporlah di bank penerbit kartu Anda, bukan di bank dimana dana Anda tidak keluar. Janga lupa membawa beberapa data sebagai bukti lapor, yaitu:
  1. Kartu identitas yang masih berlaku.
  2. Kartu ATM dan Buku Tabungan.
  3. Bawalah bukti resi yang keluar jika resi dan kartu keluar dan dana tidak keluar.
  4. Jelaskan secara rinci kepada pihak Bank kejadian yang menimpa Anda, untuk mempermudah pihak Bank memproses laporan Anda.
BACA JUGA:  Cara Buka Tabungan Haji Bank Panin Dubai Syariah

Dalam melakukan proses pelaporan Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data dalam form yang telah disediakan. Setelah Anda melakukan pelaporan, Anda tinggal menunggu proses tersebut berlangsung kurang lebih 7-14 hari kerja. Jika memang terbukti dana Anda tidak keluar maka dana akan dikembalikan kedalam tabungan Anda.

Itu tadi informasi terkait Langkah Jika Uang Tidak Keluar dari Mesin ATM. Semoga dapat membantu Anda. Terimakasih.

Add a Comment