Mengecek Tahun Keberangkatan Calon Jamaah Haji

Berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan Ibadah Haji merupakan impian dan cita-cita semua umat muslim di Dunia. Akan tetapi, untuk saat ini impian tersebut harus ditahan lebih lama lagi terkait masa tunggu keberangkatan yang cukup lama yaitu berkisar 13-18 tahun. Pada artikel ini, syariahbank.com akan berbagi informasi terkait Mengecek Tahun Keberangkatan Calon Jamaah Haji.

Berbicara mengenai keberangkatan Haji, setiap calon jamaah akan mendapatkan nomor porsi, nomor porsi merupakan nomor antrian untuk keberangkatan haji (pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai pengambilan nomor porsi). Ada beberapa fungsi dari nomor porsi, yaitu calon jamaah haji dapat melakukan pengecekan estimasi keberangkatan setiap waktu sendiri. Selain itu, dengan tahunya tahun keberangkatan haji, nasabah dapat mempersipakan pelunasan serta perlengkapan haji yang harus dibawa dan persiapan fisik dan rohani sebelum keberangkatan haji. Serta mempersiapkan ilmu tentang manasik haji dan lain-lainnya.

setoran BPIH

Lamanya waktu tunggu tidak menjadi hal yang pasti bagi seseorang untuk berangkat, hal ini dikarenakan ada beberapa faktor yang menentukan lama waktu menunggu, antara lain:

  1. Usia nasabah, nasabah yang berusia diatas 65 tahun akan didahulukan untuk keberangkatan haji.
  2. Pernah tidaknya seseorang berangkat haji. Bagi Calon Jamaah haji yang sudah pernah berangkat maka akan lebih lama untuk keberangkatan berikutnya. Atau disarankan untuk pergi umroh saja.
  3. Lokasi nasabah mengambil nomor porsi. Dibeberapa daerah tertentu, waktu menunggu calon jamaah haji lebih singkat dibandingkan di daerah lainnya.

Ada beberapa cara untuk para calon jamah haji untuk melihat waktu tunggu keberangkatan yang dibedakan dari jenis haji yang diambi nasabah, yaitu:

  1. Calon Jamaah Haji Reguler. Untuk Jamaah Haji regule ada beberapa cara yang bisa dilakukan
  • Calon jamaah dapat mendatangi Bank Syariah dimana jamaah mendaftar haji dengan membawa nomor porsi dan menuju kebagian Customer Service.
  • Calon jamaah haji dapat mengunjungi portal haji.kemenag.go.id dan mngambil “Basis Data” lalu memasukkan nomor porsi yang didapat.
BACA JUGA:  Bank Syariah di Indonesia

perkiraan keberangkatan

  1. Calon Jamaah Haji Khusus. Untuk calon Jamaah Haji Khusus, agar calon jamaah bisa mengetahui update waktu keberangkatan terbaru, calon jamaah dapat meminta informasi kepada pihak Travel dimana mendaftar.

Itu tadi informasi terkait Tata Mengecek Tahun Keberangkatan Calon Jamaah Haji. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat menambah pengetahuan dan informasi anda terkait proses Haji di Indonesia. Apabila anda ingin mengtahui lebih lanjut, anda dapat mendatangi Bank – Bank Syariah yang ada di Indoensia atau menghubungi Call Center Haji Kemenag 021-500425.. Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di Syariahbank.com. Mari bergabung dan menjadi bagian dari keluarga besar dari Bank Syariah di Indonesia.

One Response

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.