Mengenal Khiyar dan Jenisnya

Setelah beberapa artikel menjelaskan mengenai perbankan syariah, kali ini saya akan berbagi sedikit informasi yang termasuk kedalam istilah dalam perekonomian syariah yaitu Khiyar. Tahukan anda apa itu Khiyar? Atau pernahkah anda mendengar istilah khiyar sebelumnya? Jika belum, berikut sedikit saya paparkan mengenai Khiyar dan jenis-jenisnya.

Arti Khiyar

Di dalam agama islam, kepuasan para pelanggan dalam transaksi merupakan salah satu faktor utama yang harus diciptakan oleh pengusaha selain dari keuntungan untuk mereka sendiri. Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan akan menciptakan tali silaturahmi yang baik dan berkelanjutan antara pihak konsumen dengan pengusaha, yang dapat mengakibatkan berkembang dan majunya usaha tersebut. Oleh sebab itu, di dalam islam, khiyar disyariatkan di dalam proses jual beli.

Arti Khiyar

Apa itu khiyar? Kata Khiyar berasal dari bahasa arab yaitu “Khair” yang berarti baik atau yang terbaik. Dalam ilmu Fiqh, seperti yang dijabarkan ikeh DR Wahbah Zuhayli, khiyar adalah hak masing-masing pihak yang berakad (penjual-pembeli) untuk memutuskan akadnya, apakah akan diteruskan atau di cancel. Secara mudahnya, khiyar merupakan hak yang dimiliki orang yang melakukan perjanjian usaha untuk memilih dua hal yang disukainya (meneruskan atau membatalkan) yang sesuai dengan ketentuan yang ada.

Secara kesulurahan menurut DR Wahbah ZUhayli jenis khiyar ada 17 macam. Akan tetapi hanya beberapa khiyar oleh ulama disepakti, ada beberapa khiyar yang masih menjadi bahasan apakah berlaku atau tida berlaku, serta beberapa lainnya yang memang tidak diakui oleh Islam.

Jenis Khiyar

Adapun beberapa jenis khiyar yang dapat digunakan antara lain:

 1. Khiyar Majilis.

Khiyar majilis memiliki arti sebagai hak bagi pembeli atau penjual untuk melanjutkan atau membatalkan proses jual-beli selama belum beranjak dari lokas atau masih berada pada lokasi yang sama. Apabila kedua belah pihak sudah berpisah lokasi transaksi maka khiyar ini sudah tidak dapat berlaku lagi. Kecuali, sebelumnya suda ada kesepakatan diantara kedua belah pihak untuk tidak menggunakan khiyar ini, dengan syarat  pemutusan ini tidak dilakukan secara sepihak.

BACA JUGA:  Macam Jenis Akad Tabungan di Bank syariah

2. Khiyar Asy-Syarth

Khiyar Asy-Syarth atau hak pilih persyaratan adalah persyaratan yang diminta salah satu atau kedua belah pihak untuk diberikan hak mengagalkan perjanjian dalam waktu tertentu. Contohnya, Fulan berencana membeli rumah Fulana, akan tetapi Fulan meminta waktu dua hari untuk berfikir kembali setelah melihat objek, apakah jadi untuk dibeli atau tidak. Dan hal tersebut diperbolehkan oleh Fulana.  Pemberian waktu tersebut termasuk ke dalam Khiyar Asy-Syarth. Menurut beberapa ulama waktu maksimal untuk penggunaan khiyar ini adalah tidak boleh lebih dari tiga hari.

3. Khiyar Ar- Ru’yah

Khiyar Ar-Ruýah atau hak melihat adalah hak orang yang terikat perjanjian usaha yang belum melihat barang yang dijadikan objek perjanjian untuk menggagalkan perjanjian bila sudah melihat objeknya.

4. Khiyar Aib

Khiyar Aib atau hak menggagalkan karena adanya cacat barang; hal untuk mengagalkan perjanjian jika ditemukan kecacatan pada barang yang sebelumnya tidak diketahui. Beberapa persyaratan khiyar aib akan berlaku, antara lain:

  • Cacat harus ada pada objek sebelum diterima oleh pembeli. Apabila cacat terjadi setelah akad dilakukan namun belum diserahterinakan kepada pembeli maka khiyar jenis ini masih belaku.
  • Apabila cacat ada ketika objek sampai di nasabah (cacat ketika proses pendistribusian).
  • Pembeli memang tidak mengetahui adanya cacat ketika akad dilakukan.

khiyar aib, menurut imam Abu Hanifah dan Syafii, berlaku maksimal tiga hari setelah akad atau barang diterima, namun apabila sudah ada kesepakatan di awal maka diperbolehkan untuk lebih waktunya.

5. Hak pilih menentukan objek perjanjian usaha.

Hak ini merupakan hak bagi pembeli atau penjual untuk memilih dengan konsekuensi persyaratan dalam perjanjian usaha yang akan dilakukannya untuk mentapkan satu dari beberapa objek yang nilai atau harganya sama.

BACA JUGA:  Profil dan Produk Bank Muamalat Indonesia

Sumber: Wikipedia.co.id; www.stiualhikmah.ac.id, pustaka.abatasa.co.id, https://sharianomics.wordpress.com

Demikian artikel mengenai apa itu Khiyar, semoga dapat menambah wawasan anda. Kunjungi terus situs syariahbank.com untuk mendapatkan informasi seputar ekonomi syariah.

Add a Comment