Mengenal Koperasi Syariah 212

Masih ingat anda dengan aksi 212 yang dilakukan oleh ratusan ribu umat muslim se Indonesia  dan berpusat di Jakarta? Setelah kegiatan itu terlaksana, para alumni aksi tersebut bekerjasama membuat sebuah Badan Hukum yang bernama Koperasi Syariah 212. Untuk lebih jelas, berikut informasi  Mengenal Koperasi Syariah 212.

Koperasi Syariah 212

Koperasi Syariah 212 merupakan sebuah lembaga hukum yang berbentuk Koperasi, yang saat ini sedang naik daun. Dimana  koperasinya berbentuk koperasi syariah primer nasional yang juga sebagai tempat investasi.

Badan Hukum ini diresmikan pada hari Jum’at tanggal 7 Rabiul Akhir/ 6 Januari 2017.  Dengan tujuan untuk Membangun ekonomi umat yang besar, kuat, professional dan terpercaya sebagai salah satu penopang pilar ibadah, syariah dan dakwah menuju kebahagiaan dunia dan keselamatan akhirat.

Dasar Hukum Pendirian

Sebagai badan hukum resmi, Koperasi Syariah 212 memiliki dasar hukum pendirian yang jelas, yaitu:

  • Keputusan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
    Nomor: 003136/BH/M.KUKM.2/I/2017
  • Akta No. 02 tanggal 10 januari 2017 yg dibuat dan disampaikan oleh Notaris SURJADI, SH., MKn., MM dan diterima pada tanggal 19 Januari 2017

Landasan Dasar Koperasi Syariah 212

Begitu pula dengan landasam dasar, Koperasi Syariah 212 juga memeliki landasan dasar yang membentuk Badan Hukum ini. Berikut landasan dasar Koperasi Syariah 212 :

  • Hadir dalam rangka melestarikan semangat aksi damai 212 yang mencerminkan perdamaian, persatuan, semangat kebangsaan, ukhuwah Islamiyah dan kebangkitan ummat Islam.
  • Kesenjangan ekonomi antara si kaya dan miskin yang semakin lebar dan mengkhawatirkan. Fenomena ini semakian membahayakan karena mayoritas si miskin terdapat pada kalangan Muslim.
  • Minimnya penguasaan ummat dalam asset produktif nasional sehingga tidak sebanding dengan proporsi jumlah penduduk yang diatas 87%.
  • Kecilnya kepemilikan ummat dalam berbagai sektor baik keuangan, property, ritel, dan berbagai jenis industri dan manufaktur.
  • Besarnya potensi daya beli ummat yang hingga saat ini tidak dikoordinasikan dengan sistematis dan terstruktur.
  • Masih jauhnya perekonomian ummat dari prinsip prinsip Syariah yang diyakini sangat kuat terhadap krisis dan mencerminkan sharing economy, atau ekonomi kekeluargaan dan kerakyatan.
  • Diperlukannya GERAKAN EKONOMI BERJAMAAH yang dilakukan secara profesional dan penuh AMANAH yang mampu mendatangkan kesejahteraan dalam tataran individu/keluarga serta mampu mewujudkan IZZAH dalam tataran keumatan.

Nilai Nilai Koperasi Syariah 212

Untuk menjaga kemurnian dan kredibilitas Koperasi Syariah 212, dalam pelaksanaannya mereka memiliki nilai-nilai yang wajib diketahui, dipegang, dan dilaksanakan. Adapun nilai-nilai tersebut antara lain:

  • Amanah

Manajemen Koperasi 212 harus dijalankan dengan amanah dengan Sumber daya Insani yang kompeten dan dilengkapi dengan system SOP dan manual yang baik. Sehingga adanya pelaporan secara berkala kepada anggota, regulator dan masyarakat. Selain itu, kepengurusan juga wajib ditemani oleh Dewan Pengawas, Penasehat dan Pengawas Syariah serta berbagai Komite pelengkap seperti Komite Investasi, Komite Audit dan Komite Remunerasi dan Promosi.

  • Berjamaah

Koperasi Syariah 212 harus mampu menampung sebanyak mungkin potensi dan aspirasi kebangkitan ekonomi ummat Islam khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Koperasi ini harus dimiliki bersama, bukan dikuasai hanya segelintir individu atau golongan. Koperasi Syariah 212 juga harus memberikan manfaat ke sebanyak mungkin ummat Islam Indonesia dan dunia.

  • Izzah

Berusaha agar Koperasi 212 dapat meberikan Izzah (kemuliaan dan kejayaan) untuk para anggota yang tergabung, dan juga untuk Indonesia kedepannya.

Itu tadi sedikit informasi umum terkait Mengenai Koperasi Syariah 212. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan terkait Badan Hukum yang sedang booming ini.

BACA JUGA:  Program Muamalat Mulia

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.