Pengertian dan Sanksi dari Tindakan Pencucian Uang

Setelah pada artikel sebelumnya membahas mengenai profil dan produk beberapa Bank Syariah dan juga informasi mengenai perbankan syariah, kali ini syariahbank.com akan berbagi sedikit informasi mengenai salah satu kegiatan yang harus dijauhi karena merugikan negara dan rakyat banyak. Kegiatan yang dilakukan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab yang hanya memikirkan diri sendiri. Kegiatan tersebut adalah Money Laundring atau Pencucian Uang.

money laundry

Money Laundring atau Pencucian Uang merupakan istilah yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Menurut pengertiannya Pencucian uang adalag tindakan atau perbuatan menempatkan, mentransfer, membayarkan, membelanjakan, menghibahkan, menyumbangkan, menitipkan, membawa keluar negeri, menukarkan, atau perbuatan lainnya atas harta kekayaan yang diketahuinya atau patut diduga merupakan hasiltindak pidana dengan maksud untuk menyembunyikan ataumenyamarkan asal usul harta kekayaan sehingga seolah-olah menjadi harta kekayaan yang sah.

Dalam proses tindakan pencucian uang tersebut dikelompokkan ke dalam tiga kegiatan yaitu:

  1. Penempatan atau Placement, adalah tindakan seseorang dalam menempatkan uang tunai yang berasal dari tindak pidana ke dalam sistem keuangan (Bank / Lembaga Keuangan lainnya).
  2. Tansfer atau Layering, adalah tindakan seseorang mentransfer harta kekayaan yang berasal dari tindakan pidana yang telah berhasil ditempatkan pada penyedia jasa keuangan satu ke penyedia jasa keuangan lainnya.
  3. Penggunaan harta kekayaan atau Integration, adalah tindakan seseorang dalam menggunakan harta kekayaan yang berasal dari tindakan pidana yang telah ditempatkan di sistem keuangan dan di transfer seolah-olah menjadi harta pribadi yang halal.

Adapun Undang-undang yang mengatur sanksi yang dikenakan untuk tindakan pencucian uang ini diatur dalam Undang-Undang No 8 Tahun 2010. Dengan penjabaran sebagai berikut:

pasal anti monney loundry

Itu tadi sedikit informasi mengenai pengertian money laundering atau pencuian uang dan juga sanksi yang dikenakan kepada para pelaku tindakan tersebut. Semoga dengan adanya informasi ini, dapat menjadikan masyarakat Indonesia lebih teliti dan berhati-hati apabila menerima ataupun melakukan transaksi di lembaga keuangan dengan pihak-pihak tertentu.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.