Perbedaan Bunga dan Ujrah di Pembiayaan Bank Konvensional dengan Bank Syariah

Selain konsep Margin, dibeberapa pembiayaan yang diberikan bank syariah juga membarikan atau menawarkan sistem ujrah atau biaya sewa. Konsep Ujrah juga berbeda dengan bunga yang ditetapkan bank konvensional. Ada saja perbedaannya? Berikut sedikit informasi yang saya dapatkan dari beberapa sumber:

No

Bunga

Ujrah (Biaya Sewa)

1 Bunga biasanya terjadi dalam transaksi pinjaman (kredit) dan penghimpunan dana. Upah sewa hanya terjadi pada akad ijarah (sewa menyewa).
2 Bunga biasanya berbentuk posentase Upah sewa biasanya berbentuk normal.
3 Eksistensi bunga diragukan  (kalau tidak dikecam) oleh semua agama termasuk islam Tidak ada yang meragukan upah ata sewa dalam transaksi sewa menyewa atau upah- mengupah

Itu tadi sedikit informasi mengenai perbedaan bunga dengan ujrah. Semoga dengan adanya tulisan ini anda dapat lebih memahami perbedaan diantara keduanya, dan juga lebih memahami konsep dalam dunia perbankan syariah.

Selain itu, semoga dengan adanya tulisan akan lebih menambah informasi dan ilmu pengetahuan mengenai perbankan syariah. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah membaca dan berkunjung pada halaman ini.

BACA JUGA:  Pembiayaan Ijarah Berdasarkan Fatwa DSN MUI

Add a Comment