Perbedaan Tabungan dan Deposito

Pernahkah anda mendengar istilah deposito? Jika sudah, sudahkah anda memiliki deposito? Sebenarnya, apa sih deposito itu? Deposito merupakan salah satu bentuk produk investasi dana dari sebuah bank yang memiliki jangka waktu tertentu.  Pada perbankan syariah, produk deposito menggunakan akad Mudharabah, dalam pengertian terdapat bagi hasil yang akan diterima nasabah atas investasi dana yang telah dilakukan di salah satu bank.

Lalu, apa bedanya dengan tabungan umum? Pada dasarnya, perbedaan utama antara tabungan dengan deposito adalah fleksibilitas penarikan dana yang diinvestasikan. Tabungan tidak memiliki waktu khusus dalam penarikan dana yang diinvestasikan, dalam pengertian boleh diambil kapan saja. Sedangkan deposito tidak dapat diambil kapanpun, karena deposito dirancang dengan jangka waktu tertentu, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan. Dan jika deposito diambil atau dicairkan sebelum waktu yang telah disepakati,  maka akan dikenakan denda dengan besar yang telah ditentukan oleh pihak Bank. Selain itu, jika tabungan dapat di tarik dimana saja  dengan menggunakan fasilitas ATM, maka deposito tidak dapat ditarik begitu saja tanpa menggunakan bilyet deposito dan dilakukan di kantor Bank nya sendiri.

Perbedaan Tabungan & Deposito

Sumber Gambar: Palembang.Tribunnews

Perbedaan lainnya, pada umumnya bagi hasil yang diterima nasabah dari depopsito akan lebih besar dibandingkan tabungan umum. Seperti pengertiannya, deposito merupakan investasi sedangkan tabungan adalah berbentuk tabungan. Untuk sebagian masyarakat, produk deposito dan tabungan digunakan untuk membuat pengaturan keuangan dalam jangka pendek dan jangka panjang. Artinya, untuk pengaturan keuangan dalam waktu jangka pendek (penggunaan kebutuhan sehari-hari: sandang, pangan, uang sekolah, dll), maka masyarakat akan menggunakan tabungan sebagai tempat penitipan atau penyimpanan dana.

Sedangkan jika masyarakat memiliki sejumlah dana yang belum akan digunakan, kemungkinan masih lama digunakan, maka masyarakat akan menggunakan deposito sebagai salah satu cara agar terhidar dari penggunaan dana secara tidak jelas dan tiba-tiba, serta pengurangan dana seperti administrasi tiap bulan jika dimasukkan dalam tabungan.

Setelah membaca penjelasan sebelumnya, dapat kita ambil sedikit kesimpulan bahwa tabungan ataupun deposito merupakan jenis investasi yang menguntungkan untuk masyarakat dan memiliki porsinya masing-masing. Selain dapat menyimpan dana nasabah dengan lebih aman, nasabah juga dapat merasakan beberapa keuntungan lainnya seperti menerima bagi hasil, mendapatkan hadiah dari produk yang dibuka, dan mendapat kesempatan mengikuti program berhadiah yang dilakukan Bank, seerta keuntungan lainnya.

Itu tadi sedikit bagi-bagi informasi dan pengetahuan mengenai Perbedaan Deposito dan Tabungan. Semoga dapat bermanfaat bagi anda untuk memilih atau merandang bentuk investasi dana yang anda miliki. Serta, semoga dengan adanya artikel ini, kita akan semakin tahu mengenai dunia Perbankan terutama Perbankan Syariah. ( Sumber: bi.go.id, Wikipedia.org)

BACA JUGA:  Penjelasan Mengenai Nisbah di Bank Syariah

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.