Potensi Berkembangnya Bank Syariah di Indonesia

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri keuangan syariah diprediksi akan terus meningkat di setiap tahunny. Hal ini seperti yang dilansir republika.com dalam situsnya disampaikan untuk skala dunia industri ini akan berkembang sebesar 19% atau sekitar 9.175 triliun dirham. Angka yang bisa terbilang fantasti ini sedikit bisa menunjukkan bahwa perbankan syariah berpeluang berkembang lebih besar menyamai bahkan melebihi bank konfensional.

Seperti yang pernah disampaikan oleh direktur BRI Syariah Ari Purwandono dalam situs republika.com, walaupun di tahun 2015 sektor perbankan masih dibayang- bayanagi perlambatan ekonomi dunia, ia optimistis bahwa perbankan syariah masih dapat tumbuh lebih tinggi dari perbankan konvensional. Menurut beliau dengan aset yang masih relative kecil, bank syariah masih dapat tumbuh sekitar 25-30 persen. Perkembangan ini ditunjang salah satunya dari semakin banyaknya rakyat Indonesia yang lebih memahami meengenai agama dan merasakan kenyamanan dengan pelayanan bank syariah.

Peningkatan Bank Syariah

Berdasarkan data yang di dapat dari Statistik Perbankan Indonesia (SPI) yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun kemaren (2014 red.) terjadi penurunan perlambatan pembiayaan pada bulan Oktober year on year yang hanya tumbuh 14 persen. Pembiayaan bank umum syariah (BUS) juga mengalami perlambatan mencapai Rp 189,291 triliun. Begitu pula dengan pembiyaan unit usaha syariah (UUSsyariah) mengalami perlambatan yaitu hanya tumbuh 9 persen mencapai Rp 63,149 triliun. Padahal pada periode 2012-2013 pertumbuhanpembiayaan UUS mencapai 31 persen. Pembiayaan BUS pada periode yang sama tumbuh 21 persen.

Pada bulan Oktober, aset BUS tumbuh 14 persen menjadi Rp 196,253 triliun. Sementara, aset UUS tumbuh 10 persen menjadi Rp 64,112 triliun. Padahal pada periode 2012-2013, pertumbuhan aset BUS mencapai 22 persen, sementara aset UUS naik 30 persen.

BACA JUGA:  Muamalat Prioritas Dari Bank Muamalat Indonesia

Berdasarkan data di atas memang terlihat adanya perlambatan pertumbuhan di beberapa sektor. Akan tetapi dengan semakin berkembangnya industri ini dan semakin pahamnya masyarakat serta semakin banyaknya inovasi jenis produk dan program maka in shaa alloh industri ini dapat melampaui konvensional.

Add a Comment