Produk Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri

Jika kita mengatakan gadai atau menggadaikan atau penggadaian pastinya kita akan tertuju pada Lembaga Penggadaian Indonesia. Jika kita ingin menggadaikan emas atau harta lainnya pada umumnya masyarakat akan menuju penggadaian untuk mendapatkan dananya. Tapi tahukah anda, di beberapa lembaga keuangan (Bank Syariah) sudah memiliki produk penggadaian, terutama pengadaian emas. Dan pada artikel ini saya akan membagikan sedikit informasi mengenai Produk Gadai Emas Bank Syariah Mandiri (BSM).

Di BSM Gadai Emas merupakan salah satu produk pembiayaan dengan menggunakan emas sebagai salah satu alternative jaminan untuk memperoleh uang tunai dengan cepat. Dengan Jaminan berupa logam mulia dan perhiasan BSM memberikan pelayanan yang lebih murah biayanya dan nyaman serta cepat. Dengan menggunkan akan Qardh dalam rangka Rahn dalam arti akad pemberian pinjaman dari bank untuk nasabah yang disertai dengan penyerahan tugas agar bank menjaga barang jaminan yang diserahkan, serta biaya pemeliharaan menggunakan akad ijarah dapat memberikan nasabah kenyaman dan keyakinan untuk menggunakan produk disamping keunggulana dan manfaat serta kemudahan lainnya. Adapun beberapa keunggulan dan manfaat serta kemudahan yang akan didapatkan dalam menggunakan produk ini antara lain:

Produk Gadai Emas di BSM

Sebagai tambahan informasi kepada pembaca, adapun besar dari FTV (Financing To Value) atau perbandingan antara jumlah pembiayaan yang diterima nasabah dengan nilai emas yang diagunkan nasabah kepada Bank tidak dapat 100%. Besar FTV bergantung pada jenis agunan diantaranya:

  1. FTV Perhiasan sebesar 85%
  2. FTV Logam Mulia sebesar 90%

Untuk lebih mengerti berikut saya akan memberikan contoh perhitungan besar dana jika menggunakan produk ini, (contoh disadur dari website BSM)

“Pada tanggal 13 Desemver 2014, Nasabah membawa emas utnuk digadaikan di BSM berupa Gelangemas bermata dengan kadar 20 karat dan berat 25 gram. Berapa biaya pemeliharaan yang harus dibayar, bila nasabah melunasi pada tanggal 13 Februari 2015? (HDE: Rp 500.000,-)”

BACA JUGA:  Menabung Emas dengan Produk BSM Cicilan Emas

“Diketahui:

Waktu /periode gadai 13 Desember 2014-13 Februari 2015 = 4 periode (2 bulan)

Taksiran

=(karat/24) x berat emas x HDE

= (20/25) x 25 x Rp 500.000,-

= Rp 10.000.000,-

Pembiayaan

=Taksiran x FTV

=Rp 10.000.000,- x 85%

= Rp 8.500.000

Biaya Pemeliharaan

= (Taksiran x Rate) x waktu gadai

= (Rp 8.500.000,- x 1,70%/bulan) x 2 bulan

= Rp 144.500,- x 2

= Rp 289.000,-

Jadi dari peminjaman yang dilakukan di akhir penyelesaian nasabah harus membayar biaya pemeliharaan sebesar Rp 289.000,- di samping biaya peminjaman.”

Tadi setelah kita mengetahui sedikit mengenai perhitungan yang digunakan, apa saja syarat dan ketentuan jika ingin menggunakan produk ini? Berikut sayarat dan ketentuannya:

  1. Nasabah menyiapkan kartu identitas
  2. Jaminan yang digunakan berupa perhiasan emas ataupun logam mulia berupa batangan
  3. Dengan pembiayaan minimal sebesar Rp 500.000,-
  4. Jangka waktu yang diberikan adalah 4 (empat) bulan dan dapat diperpanjang atau dapat digadai ulang (setelah dilakukan penaksiran dan melunasi biaya gadai)

Bagaimana? Sudah sedikit mengerti bukan? Itu tadi sedikit informasi mengenai Produk Gadai Emas BSM, untuk informasi lebih lengkap anda dapat mengunjungi laman web resminya. Semoga informasi yang diberikan dapat menambah pustaka informasi dan ilmu pengetahuan mengenai perbankan syariah dan produk-produknya. Terutama mengenai produk Gadai Emas BSM. Ayo buka tabungan di Bank Syariah. Informasi selengkapnya bisa anda kunjungi langsung situs www.syariahmandiri.co.id.

Add a Comment