Produk KPR Bank BNI SYARIAH

Setelah pada artikel sebelumnya saya berbagi informasi mengenai perbedaan KPR konvensional dengan syariah dan juga perbedaan antara bungan dan margin, maka pada beberapa artikel kedepan saya akan berbagi informasi mengenai KPR di beberapa Bank Syariah di Indonesia. Anda tentunya mau tau kan kira-kira apa saja persyaratan dan ketentuan yang berlaku? Selain itu juga hal-hal lainnya mengenai KPR di Bank Syariah bukan? Kenapa Produk KPR dulu, kenapa bukan Produk Pembiayaan lainnya? Hal ini karena, setiap orang pasti membutuhkan rumah. Dan salah satu cara kita bisa mendapatkan sebuh rumah (ketika belum memiliki uang cash) adalah dengan cara melakukan pembiayaan KPR di Bank, terutama Bank Syariag (biar lebih berkah, insyaa alloh).  Oleh karena itu, jangan sampai di lewatkan artikel-artikel berikutnya.

Produk BNI SYariah - KPR

Pada artikel kali ini, Produk KPR pertama yang akan saya bagikan informasinya adalah KPR yang disediakan oleh BNI Syariah. Produk KPR BNI Syariah bernama Griya iB Hasanah, produk ini merupakan failitas pembiayaan konsumtid yang diberikan kepada masyarakat untuk keperluan membeli, membangun  merenovasi rumah (juga termasuk untuk banguna ruko, rusun, rukan, apartemen, dan sejenisnya). Selain itu, juga dapat digunakan untuk pembelian tanah kavling, rumah indent, yang besarnya pembiayaan bergantung pada kebutuhan dan kemampuan membayar calon nasabah. Adapun akad yang digunakan pada pembiayaan ini adalah akad Mudharabah.

Keunggulan Produk Griya iB Hasanah BNI Syariah

Ada beberapa keunggulan dari Produk Griya iB Hasanah ini. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

  • Proses lebih cepat dengan persyaraatn yang mudah dan sesuai dengan prinsip syariah.
  • Minimal pemiayaan Rp 25.000.000,- dan maksimal Rp 5 Milyar.
  • Dengan jangka waktu pembiayaan hingga 15 tahun (kecuali untuk pembelian kavling tanah maksimal adalah 10 tahun pembiayaan)
  • Uang muka yang ringan yang dikaitkan dengan penggunaan pembiayaan.
  • Angsuran yang tetap atau tidak berubah hingga pembiayaan lunas, dan
  • Pembayaran angsuran dilakukan dengan cara mendebet rekening secara otomastis rekening BNI Syariah yang dimiliki ataupun BNI Konvensional.
BACA JUGA:  Kredit Pembiayaan Rumah BTN Syariah

Syarat Pengajuan KPR BNI Syariah

Setelah kita mengetahui keunggulannya, saya akan berbagi informasi apa saja prasyarat jika ingin menggunakan produk pembiayaan ini, dan biaya apa saja yang harus dikeluarkan. Berikut diantaranya:

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia Minimal 21 tahun dan maksimal sampai dengan usia pensiun ketika pelunasan selesai.
  3. Memiliki penghasilan tetap dan masa kerja minimal 2 tahun.
  4. Mengisi formulir secara lengkap dan juga melengkapi dokumen yang dibutuhkan.
  5. Adapun biaya yang dikenakan kepada nasabah pembiayaan Griya iB Hasanah antara lain:
  • Asuransi jiwa dan kerugian
  • Biaya Notaris , materai dan lain-lain

Itu tadi beberapa persyaratan umum yang harus dimiiki oleh calon nasabah. Bagaimna dengan nasabah yang ingin membeli rumah bekas, persyaratan lain yang harus dimiliki apa saja?  Ada beberapa persyaratan yang harus ditambah oleh calon nasabah adalah Surat Tanah (yang harus berupa Surat Hak Milik) dan memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan.

Bank BNI Syariah juga memberikan kemudahan kepada calon nasabah yang ingin melakukan takeober kredit dari bank lain ke BNI Syariah. Akan tetapi, ada abeberapa persyaratan tambahan lainnya yang harus dilengkapi, berikut diantaranya:

  1. Calon nasabah harus mengisi forrmulir pembiayaan yang telah disediakan di kantor cabang BNI Syaraiah.
  2. Menyediakan fotockpy KTP, KK, dan Surat Nikah.
  3. Menyerahkan Surat Keterangan Kerja Asil.
  4. Menyerahkan Slip Gaji 3 Bulan terakhir.
  5. Menyerahkan rekening koran tabungan aktif 3 bulan terakhir.
  6. Menyerahkan copy sertifikat, IMB, dan PBB 3 tahun terakhir (rumah yang akan di take over)
  7. Menyerahakn akad pembiayaan di bank sebelumnya dan copy rekening pinjaman 6 bulan terakhir.
  8. Pembiayaan KPR di Bank sebelumnya haruus telah berjalan minimal 1 tahun.
  9. Menyiapkan biaya untuk asuransi jiwa, asuransi kebakaran, biaya administrasi pajak, dan biaya notaries.
BACA JUGA:  Pembiayaan KPR iB dari BCA Syariah

Bagaimana dengan informasi yang saya bagikan hari ini? Semoga dapat membantu anda mengetahui sedikit mengenai produk pembiayaan KPR dari Bank BNI Syariah. Mengenai stimulasi pembiayaan, anda dapat langsung mengakses ke alamat: http://www.bnisyaraiah.co.id/calculator?simulasi=pembiayaan . Itu tadi sedikit informasi yang saya bagikan.

Semoga dengan adanya informasi ini dapat lebih menambah ilmu pengetauan kita mengenai KPR dan beberaa produk yang disediakan oleh Bank Syaraih di Indonesia. Dan juga semoga semakin banyak referensi kita mengenai dunia perbankan syariah.  Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel ini. Mari bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Bank Syariah di Indonesia. Informasi selengkapnya silahkan kunjungi ww.bni.co.id.

Add a Comment