Produk KPR Bank Muamalat iB

Setelah sebelumnya saya berbagi informasi atas pembiayaan KPR BNI Syariah, pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai produk KPR dari salah satu Bank Syariah terbesar di Indonesia. Bank ini merupakan Bank Syariah Pertama di Indonesia, dialah Bank Muamalat.

Bank Muamalat merupakan bank syariah pertama yang menyediakan produk pembiayaan berbasis syariah, terutama pembiayaan KPR nya. KPR Muamalat iB itu merupakan nama dari produk pembiayaan yang dihadirkan oleh Bank Muamalat untuk para  nasabah dan calon nasabah. Dengan menggunakan produk pembiayaan ini, memungkinkan nasabah untuk melakukan pembelian rumah, ruko, rukan, apartemen, kios, ataupun melakukan takeover pembiayaan KPR dari Bank lain. Selain itu, dengan menggunakan pembiayaan ini, nasabah juga dapat melakukan pembiayaan untuk pembelian rumah indent, melakukan pembagunan bagunan, ataupun melakukan renovasi bangunan.

Keunggulan KPR Muamalat iB

KPR Bank Muamalat Indonesia

Adapun beberapa keunggulan produk KPR ini antara lain adalah  KPR ini disediakan dalam 2 jenis akad yaitu Murabahah (jual-beli) dan Musyarakah (Sewa-menyewa). Dalam pengajuan pembiayaan yang dilakukan oleh calon nasabah yang telah menikah, maka sumber penghasilan pasangan suami istri ini dapat digunakan untuk angsuran yang diakui secara bersama atau joint income.

Keunggulan lainnya adalah pengajuan dapat dilakukan dengan menggunakan sumber pendapatan gabungan (gaji sebagai karyawan dan penghasilan dari usaha). Adanaya perlindungan asuransi jiwa, dapat lebih menenangkan nasabah karena pembiayaan akan dilunasi oleh pihak asuransi apabila nasabah meninggal dunia.

Selain itu kini sudah terdapat Muamalat Consumer Center (MCC) yaitu sebagai analisis produk konsumer termasuk KPR yang membantu proses pengajuan pembiayaan KPR lebih cepat.

Syarat Pengajuan KPR Muamalat iB

Jika anda ingin menggunakan fasilitas dari produk pembiayaan ini, ada beberapa persyaratan yang harus anda siapkan dan anda miliki. Untuk persyaratan umum yang harus diketahui para calon nasabah antara lain:

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia yang cakap hukum.
  2. Calon nasabah telah berusia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 65 tahun untuk para karyawan. Sedangkan untuk professional dan wirausaha maksimal usia adalah 60 tahun.
  3. Memiliki pekerjaan baik karyawan tetap, kontrak, wiraswasta, guru, dokter, professional, PNS, dan lain-lain.
BACA JUGA:  Pembiayan Pembelian Rumah Panin Bank Syariah

Dokumen Pengajuan KPR Muamalat iB

Sedangkan untuk persyaratan khusus yang harus diketahui dan dilengkapi calon nasabah antara lain:

  • Mengisi dengan lengkap formulir pembiayaan yang didapat dari kantor Bank Muamalat di seluruh Indonesia.
  • Fotocopy Sertifikat bangunan yang akan menjadi anggunakan peminjaman. (jika sudah jadi maka akan di tahan sementara Sertifikat aslinya)
  • Fotokopy KTP fan Kartu Keluarga.
  • Fotocopy NPWP calon nasabah
  • Fotocopy surat menikah (jika nasabah telah menikah).
  • Slip Gaji asli dn surat keterangan bekerja dari instansi terkait bagi nasabah karyawan atau pegawai (suami dan istri).
  • Rekening koran dari semua tabungan yang aktif minimal 3 bulan terakhir.
  • Fotocopy rekening listrik dan telepon untuk 3 bulan terakhir.
  • PBB tahun terakhir (untuk rumah tangan kedua)
  • Untuk para wirausaha maka wajib melampirkan laporan keuangan atau laporan usaha.
  • Fotocopy dokumen yang akan dibeli. (SHM,IMB, dan denah bagunan)

Setelah kita mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan baik umum dan khusus jika ingin melakukan peminjaman, selanjutnya saya akan memberitahukan contoh perhitungan Angsuran KPR iB dengan akad Musyarakah (sumber berasal dari brosur KPR iB Muamalat). Berikut penjabarannya:

Contoh

Harga Rumah                        : Rp 300.000.000,-

Uang Muka Nasabah         : Rp   30.000.000,-

Pembiayaan Bank                               : Rp 270.000.000,-

Contoh besar Margin         : 12% (efektif)

Jangka Waktu Pembiayaan: 120 bulan

Maka perhitungan angsuran bulanan adalah sebagai berikut:

Perhitungan KPR Muamalat iB

Jadi, jika dengan besar pembiayaan seperti yang dicontohkan. Maka, besar angsuran perbulan dari peminjaman selama 120 bulan kurang lebih sekitar Rp 3.878.716,-.

Sudah lebih paham? Dan sudah ada gambarankan bagaimana teknis peminjaman serta perhitungan jika ingin melakukan peminjaman di Bank Muamalat? Itu tadi sedikit informasi yang dapat saya berikan kepada pembaca mengenai Produk Peembiayaan KPR IB Muamalat dari Bank Muamalat. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat lebih membantu dan menambah wawasan kita mengenai dunia perbankan syariah khususnya mengenai KPR iB. Terimakasih telah mengunjungi dan membaca artikel ini. Mari bergabung menjadi bagian dari keluarga besar Bank Syariah di Indonesia. Pantau terus perkembangan KPR Muamalat dari situs resminya. Sumber: www.bankmuamalat.co.id, www.kreditur.net , brosur KPR iB Muamalat.

BACA JUGA:  Persyaratan KPR IB Bank DKI Syariah

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.