Profil BTPN Syariah

profil BTPN Syariah

Anda pasti pernah mendengar nama Bank BTPN, tahukah anda mengenai BTPN Syariah? Untuk mengetahui dan mengenal lebih dekat terhadap bank ini, berikut informasi terkait Profil BTPN Syariah.

Bank Tabungan Pensiun Negara Syariah atau yang lebih dikenal dengan BTPN Syariah adalah merupakan Bank Umum Syariah ke 12 yang dimiliki Indonesia. BTPN Syariah merupakan anak perusahaan dari Bank BPTN.

Sejarah BTPN Syariah

BTPN Syariah merupakan perpaduan dua kekuatan yaitu, PT Bank Sahabat Purbadanarta dan Unit Usaha Syariah BTPN.  Bank Sahabat berdiri sejak Maret 1991 di Semarang, merupakan bank umum non devisa. Kemudian BTPN melakukan pengakuisisan saham Bank Sahabat sebesar 70%  pada 20 Januari 2014. Selanjutnya BTPN melakukan konversi menjadi BTPN Syariah pada tanggaal 22 Mei 2014  berdasarkan Surat Keputusan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Unit Usaha Syariah BTPN yang difokuskan melayani dan memberdayakan  keluarga pra sejahtera di seluruh Indonesia adalah salah satu segmen bisnis di PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk sejak Maret 2008, kemudian di spin off  dan bergabung ke BTPN Syariah pada Juli 2014.

Visi Misi BTPN Syariah

Seperti halnya perusahaan lainnya, BTPN Syariah juga memiliki Visi Misi yang menjadi arahan bank ini bergerak. Berikut Visi dan Misi BTPN Syariah:

Visi

Menjadi Bank Syariah Terbaik, untuk Keuangan Inklusif, Mengubah Hidup Berjuta Rakyat Indonesia.

Misi

Bersama Kita Ciptakan Kesempatan Tumbuh dan Hidup yang Lebih Berarti.

Adapun rangkaian kata dalam kalimat yang terdapat dalam MISI BTPN Syariah ini memiliki penjabarannya, yaitu:

  • Bersama artinya dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) tanpa terkecuali. Stakeholders adalah seluruh karyawan, nasabah, pemerintah dan regulator, pemegang saham, serta masyarakat luas secara umum.
  • Kita Ciptakan Kesempatan artinya mengupayakan untuk menjadikan segala aktivitas yang di lakukan di BTPN Syariah adalah sebuah kesempatan untuk tumbuh.
  • Tumbuh bermakna semua kesempatan yang ada harus mampu membawa perubahan untuk setiap stakeholders ke arah yang lebih baik.
  • Hidup yang Lebih Berarti artinya seluruh stakeholders BTPN Syariah yang telah tumbuh, diharapkan mampu memberikan manfaat bagi sekitarnya.

Nilai-Nilai BTPN Syariah

Sebagai sebuah Bank yang bergerak di jalur Syariah, BTPN Syariah juga memiliki Nilai-Nilai yang menjadi pegangan bagi seluruh karyawan dalam menjalankan bisnis. Berikut nilai-nilai tersebut:

Profesional
Diwujudkan dengan cara meningkatkan keahlian sesuai profesi kita. Perilaku yang diharapkan muncul adalah seluruh karyawan berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri ke arah yang lebih baik, mematuhi kode etik perusahaan, tidak bekerja berdasar imbalan, menyelesaikan tugas dengan baik sesuai target.

Integritas
Identik dengan citra positif seseorang, menyangkut komitmen, kejujuran, dan keadilan. Perilaku yang diharapkan muncul adalah jujur, bertindak sesuai norma, dan tidak mengingkari janji.

Saling Menghargai
Bersikap hormat, menghargai pendapat, dan kontribusi rekan kerja yang lain sesuai dengan tugas, tanggung jawab, dan kompetensinya. Perilaku yang diharapkan muncul adalah bisa mendengarkan pendapat dan menghargai hasil karya orang lain.

Kerjasama
Mengutamakan kepentingan dan tujuan bersama serta menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan. Perilaku yang diharapkan muncul adalah mampu bekerja dalam tim dan mempercayai peran yang dilakukan masing-masing orang, tidak membiarkan anggota tim bekerja sendiri, dan memberi bantuan bila ada yang kesulitan.

Itu tadi sedikit informasi terkait Prodil BTPN Syariah. Semoga dapat membantu dan menambah informasi terkait perbankan syariah. Terimakasiih telah berkunjung ke syariahbank.com. sumber: DISINI

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.