Profil dan Produk Bank BRI Syariah

Setelah sebelumnya membahas mengenai Bank Muamalat dan Bank BNI Syariah sebagai salah satu bank syariah di Indonesia, kali ini saya akan berbagi informasi mengenai Bank BRI Syariah. Siapa yang tidak pernah mendengar Bank BRI. Hampir semua masyarakat Indonesia mengenal salah satu Bank BUMN terbesar di Indonesia ini, dan tentunya ada di hampir seluruh pelosok di Indonesia. Akan tetapi, apakah anda mengetahui mengenai BRI Syariah (BRIS)?

Saat ini BRI Syariah merupakan salah satu dari tiga Bank Syariah terbesar di Indonesia. Dengan pertumbuhan aset yang cukup pesat serta jumlah pembiayaan dan perolehan dana pihak ketiga yang besar semakin mengukuhkan keberadaan BRI Syariah di Indonesia. Selain itu dengan berbagai penghargaan yang diterima, salah satunya adalah Consumer Loyality Award 2015 pada 25 Februari 2015 lalu. Berfokus pada segmen menengah ke bawah, Bank BRI Syariah menargetkan diri menjadi bank terkemuka dengan berbagai macam produk dan layanan yang optimal.

Berdasarkan laman website BRIsyariah, BRI syariah resmi beroperasi di Indonesia pada tanggal 17 November 2008, setelah sebelumnya mendapatkan izin dari Bank Indonesia pada tanggal 16 Oktober 2008 melalui surat Keputusan Gubernur BI No.10/67/KEP.GBI/DpG/2008. Terbentuknya BRIS diawalai dengan pengakuisisi Bank Jasa Arta oleh PT. BRI (Persero), Tbk., pada tanggal 19 Desember 2007. Berbeda dengan salah satu bank BUMN syariah, BRI syariah telah memiliki sistem kepengurusan yang sudah terpisah dariBRI Konvensional. Hal ini semakin mengokohkan posisi BRI Syarih di Indonesia. Pemisahan ini ditandai dengan penandatanganan akta pemisahan unit pada tanggal 19 Desember 2008 dan berlaku efektif pada tanggal 1 Januari 2009.

Arti Logo BRI Syariah

Profil dan Produk BRI SYariah

Jika kita lihat pada logo atau lambang dari BRI Syariah, yang membuat lambang ini berbeda dengan BRI Konvensioanal adalah adanya pendar cahaya di bagian atas tulisan BRI Syariah. Apa saja makna yang terkandung dalam logo tersebut, berikut diantaranya:

  • Berdasarkan laman BRI Syariah, logo yang digunakan ini menggambarkan keinginan dan tuntutan masyarakat terhadap sebuah bank modern yang mampu melayani masyarakat dalam kehiduppan modern seperti saat ini.
  • Kombinasi warna biru dan putih yang digunakan mencirikan bahwa BRI Syariah masih memiliki benang merah dengan PT. BRI (Persero), Tbk.,
BACA JUGA:  Profil dan Produk Bank BNI Syariah

Produk BRI Syariah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menunjang performa dan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar maka dibutuhkan produk-produk yang dapat merangkul seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Adapun ragam produk yang disediakan oleh BRIS untuk masyarakat Indonesia antara lain:

1. Dana Pihak Ketiga

  • Tabungan Faedah BRISyariah iB
  • Tabungan Haji BRISyariah iB
  • Tabungan Impian BRISyariah iB
  • Giro BRISyariah iB
  • Deposito BRISyariah iB

2. Pembiayaan

  • Qardh Beragun Emas BRISyariah iB
  • KKB BRISyariah iB
  • KMG BRISyariah iB
  • Pembiayaan Umroh BRISyariah iB

Salah satu produk unggulan dari BRI Syariah adalah tabungan Faedah BRI Syariah. Dengan memberikan beberapa kelebihan, produk ini dapat merangkul semua lapisan masyarakat yang menginginkan memiliki tabungan. Adapun kelebihan dari tabungan ini antara lain:

  1. Setoran awal yang ringan hanya Rp 50.000, dan akan langsung mendapati kartu ATM sebagai fasilitas pendukung.
  2. Gratis biaya Administrasi bulanan serta kartu ATM, sehingga dana anda tidak akan berkurang setiap bulannya.
  3. Gratis biaya transaksi tarik tunai, cek saldo di seluruh mesin ATM jaringan ATM Bersama dan Prima dengan syarat dan ketentuan berlaku.
  4. Gratis biaya Debit Prima ketika anda menggunakan sebagai kartu debit.
  5. Dapat melakukan pemotongan zakat secara otomatis dari bons yang diterima.

Itu tadi beberapa informasi mengenai Bank BRI Syariah. Semoga dapat lebih menambah informasi dan wawasan mengenai Perbankan Syariah dan BRI Syariah secara khusus. (Sumber Informasi dan Gambar: www.brisyariah.co.id)

Add a Comment