Profil dan Produk Bank Muamalat Indonesia

Tahukah anda bank syariah yang pertama berdiri di Indonesia? Pernahkah anda melihat bank dengan warna dominan ungu? Ya, itulah Bank Muamalat. Bank Muamalat adalah bank syariah pertama yang berdiri di Indonesia. Dengan dominan warna ungu yang menjadi ciri khas, serta keramahan, kenyamanan dan nuansa islami yang disajikan dimulai ketika anda memasuki banking hall menjadi salah satu keunggulan dari Bank Muamalat.

Dilansir dari situs Bank Muamalat, diketahui PT Bank Muamalat Indonesia (BMI, red), Tbk berdiri pada tanggal 24 Rabius Tsani 1412H atau 1 November 1991, dan mulai melakukan kegiatan operasionalnya pada 27 Syawal 1412 H atau 1 Mei 1992 berdasarkan SK Menkeu RI No.1223/MK.013/1991 pada tanggal 5 November 1991 dan keluarnya ijin Usaha dari SK Menkeu No.430/KMK.013/1992 tanggal 24 April 1992. Sudah kurang lebih 23 tahun BMI hadir di tengah keluarga Indonesia, memberikan nuansa yang berbeda atas dunia perbankan dan jasa keuangan. Pendirian BMI diprakarsai oleh Majelis Ulama Indonesia dan Pemerintah Indonesia. Ditambah dengan dukungan Ikatan Cendikiawan Muslin Indonesia (ICMI) serta beberapa pengusaha muslim dan dukungan dari mayarakat, BMI membuktikan komitmennya untuk maju dan berkembang dengan membeli saham Persero sebesar Rp 84 Milyar rupiah serta melakukan penandatangan akta pendirian Persero.

Tidak berhenti sampai disitu, dengan tambahan dukungan masyarakat Jawa Barat, BMI mendapatkan tambahan modal senilai Rp 106 miliar dari masyarakat ketika acara silaturahmi dan pendirian di Istana Bogor. Semakin berkembang dan bertambahnya dukungan dari berbagai pihak, pada tanggal 27 Oktober 1994, BMI berhasil menyandang predikat sebagai Bank Devisa.

Masih ingatkah anda mengenai kondisi perekonomian Indonesia di Tahun 1998-2002? Pada tahun itu kondisi perekonomian Indonesia mengalami gejolak yang amat kuat, suku bunga bank konvensional sangat tinggi hingga mencekik masyarakat yang melakukan peminjaman. Banyak bank yang terpaksa ditutup atau harus menerima bantuan dari Negara, namun bank muamalat berhasil selamat dan tetap berjalan tanpa bantuan dari pemerintah. Saat ini kepemilikan saham bank muamalat sudah terbuka, dan kepemilikan saham terbesar dimiliki oleh Islamic Development Bank (IDB), selain dari beberapa bank Kuwait, dua pengusaha muslim Indonesia dan pemegang saham lainnya.

BACA JUGA:  Profil BTN Syariah

Arti Logo Bank Muamalat

Logo Bank Muamalat Indonesia

Mengenai logo yang digunakan oleh bank muamalat,ada beberapa makna yang terkandung di dalamnya, diantaranya adalah:

  1. Jika anda membaca dengan seksama, logo tersebut terdiri dari tiga huruf hijaiyah, yaitu Daal, Yaa’, Nuun. Logo ini menggambarkan suatu rangkaian kegiatan ekonomi yang aktif dan harmonis di dalam suatu negeri yang subur dan peradaban tinggi serta berdasarkan nilai-nilai yang luhur.
  2. Adapun makna dibalik lambang air yang digunakan oleh bank muamalat memiliki air kemurnian and mencirikan kekuatan atas akar islami yang digunakan dan menjadi dasar berjalannya bank ini,

Saat ini bank muamalat telah memberikan layanan bagi lebih dari 2.5juta nasabah melalui 275 gerai yang tersebar di 33 provinsi Indonesia, dan didukung dengan jaringan ATM sebanyak 32.00 dan 95.000 merchant debet. Selain di Indonesia, PT BMI telah membuka cabang di Negara Malaysia yang dijalankan dengan jaringan Malaysia Electroinic Payment System (MEPS), sehingga dapat diakses di lebihdari 2000 ATM yang tersebar di seluruh Malaysia.

Selain itu dengan berbagai prestasi yang diterima selama ini semakin memacu Bank Muamalat untuk memberikan pelayanan yang terbaik agar dapat lebih menjangkau seluruh masyarakat Indoensia. Salah satu prestasi yang diterima oleh Bank Muamalat yaitu Best Islamic Retail Bank dan Best Islamic Bank in Indonesia dari Islamic Finance News (IFN) di Malaysia pada 9 Maret 2015 lalu.

Produk Bank Muamalat

Produk Bank Muamalat Indonesia

Adapun beberapa jenis produk unggulan yang tersedia di Bank Muamalat antara lain:

  1. Tabungan iB Muamalat
  2. Tabungan iB Muamalat Dollar
  3. Tabungan Muamalat Prima (Berhadiah, Emas)
  4. Tabungan AfafahMuamalat (IDR/Dollar)
  5. Tabungan Rencana
  6. Tabungan Umroh
  7. Tabungan Ku
  8. Tabungan Pensiun
  9. Deposito Full Invest
  10. DepositoMudharabah
  11. Giro Muamalat Ultima iB
  12. Giro AttijaryiB
  13. DPLK Muamalat
  14. PembiayaaJangkaPendek BPRS iB
BACA JUGA:  Produk Tabungan iB Siaga

Dengan berbagai keunggulan dan kelebihan serta pengalaman yang banyak, maka anda tidak perlu khawatir untuk menginvestasikan dana anda ataupun melakukan peminjaman di Bank Syariah satu ini. itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Bank Muamalat. Semoga dapat memberikan tambahan wawasan dan informasi anda mengenai Perbakan Syariah di Indonesia. (Sumber Informasi dan Gambar: www.bankmuamalat.co.id)

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.