Profil KH Miftachul Akhyar

Apakah Anda mengenal siapa ketua MUI saat ini? Beliau adalah KH Miftachul Akhyar. Gurunda KH Miftachul Akhyar terpilih sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia pada November 2020. Kiai Miftach terpilih sebagai Ketum MUI untuk periode 2020-2025.

Gurunda Kiai Miftach lahir di Surabaya pada 1 Januari 1953. Beliau merupakan anak kesembilan dari 13 orang bersaudara.  Kiai Miftach  adalah anak dari KH Abdul Ghoni yang merupakan pengasuh Pesantren Tahsinul Akhlaq Rangkah.

Profil KH Miftachul Akhyar

Kia Miftach yang lahir dan besar di lingkungan pesantren. Beliau juga menempuh pendidikan agama di pesantren. Setelah belajar agama kepada ayahnya, Kiai Miftach melanjutkan belajar agama di sejumlah pondok pesantren.

Berikut daftar pesantren yang pernah menjadi tempat belajar agama Miftachul Akhyar:

  • Pondok Pesantren Tambakberas, Jombang, Jawa Timur.
  • Pondok Pesantren Rejoso, Jombang, Jawa Timur.
  • Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan, Jawa Timur.
  • Pondok Pesantren Lasem, Jawa Tengah.
  • Majelis Ta’lim Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Makki Al- Maliki di Malang. Kiai Miftach belajar ketika Sayyid Muhammad basih mengajar di Indonesia.

Karir Di NU

Sebelum menjadi Ketua Umum MUI, Kiai Miftach aktif di organisasi NU. Berikut beberapa posisi yang pernah beliau tempati:

  • Rais Syuriah PCNU Surabaya pada 2000-2005.
  • Rais Syuriah PWNU Jawa Timur dari 2017 sampai 2018.
  • Wakil Rais Syuriah PBNU pada 2015-2020.
  • Rais Syuriah PBNU tahun 2018-2020.

Dan pada hari kamis tanggal 23 Desember 2021 kemaren, Kiai Miftach terpilih kembali menjadi Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) periode 2021-2026. Adapun terpilihnya Kiai Miftachul berdasarkan hasil musyawarah dan mufakat tim Ahlil Halli Wal Aqdi (AHWA).

Kiai Miftach menjadi Rais Syuriah PBNU juga berdasarkan permintaan dari sejumlah kiai sepuh di NU. Bahkan, KH Maimoen Zubair sampai dua kali menemui Kiai Miftach untuk memintanya menjadi Rais Syuriah PBNU. pembantu.

Kiai Miftach dikenal sebagai kiai yang sederhana serta memiliki akhlak yang baik. Beliau akan langsung menyuguhkan minum dan makanan kepada tamu yang mengunjunginya tanpa dibantu siapapun.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.