Proses Tutup Rekening Di Bank Syariah

Cara Membuka Tabungan Faedah BRI Syariah

Jika Anda ingin menutup tabungan atau rekening di Bank Syariah, ada beberapa hal yang harus diketahui dan dilakukan. Berikut Proses Tutup Rekening di Bank Syariah.

Pada artikel sebelumnya syariahbank.com telah berbagi informasi cara-cara tutup rekening bank. Agar lebih jelas untuk artikel ini kami akan berbagi inforamasi lebih terkait proses tutup rekening langsung di Bank Syariah.

Alasan Menutup Tabungan Bank

Ada beberapa alasan seseorang menutup rekening atau tabungannya, diantaranya:

  • Rekening sudah tidak digunakan lagi.
  • Buku tabungan hilang atau salah letak.
  • Saldo sudah kosong dan sulit untuk mengisinya kembali.
  • Rekening yang dimiliki sudah terlalu banyak.
  • Ingin pindah Bank dikarenakan beberapa alasan pribadi.
  • Tujuan menabung telah selesai (tabungan rencana, berhadiah, deposito, dan jenis tabungan lainnya).

Alasan—alasan inilah yang terkadang menjadikan sebuah rekening ditutup oleh nasabah. Pada dasarnya hal ini merupakan hak para nasabah atau pemilik dana. Sehingga pihak bank tidak dapat menghalangi permintaan dan proses penutupan terserbut.

Proses Tutup Rekening di Bank Syariah.

Apabila tekat Anda telah kuat untuk melakukan penutupan rekening, berikut langkah-langkah yang harus lakukan untuk menutup tabungan langsung di kantor cabang Bank:

  • Datangi kantor cabang bank yang Anda gunakan terdekat dengan domisili Anda saat ini. Penutupan rekening tidak harus dilakukan di cabang Anda membuka rekening.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan secara lengkap seperti:

– Kartu identitas yang masih berlaku dan sesuai alamat.

– Jika alamat KTP berbeda dengan domisili Anda, maka sertakan dengan surat keterangan tinggal dari RT/RW atau surat keterangan kerja dari kantor Anda.

– Bawa buku tabungan dan ATM serta token jika disediakan oleh pihak bank.

  • Sesampai di Bank, uruslah penutupan tabungan ini kepada pihak Customer Service. Sampaikan tujuan dan berikan semua kelengkapan berkas. Diawal proses, pihak CS akan menanyakan alasan dan menawarkan beberapa produk lainnya.
  • Untuk melanjutkan proses penutupan, Anda akan diminta untuk mengisi beberapa Form sebagai bukti penutuupan rekening.  Tunggulah proses berlangsung. Waktu yang dibutuhkan untuk menutup sebuah rekening maksimal 40 menit.
  • Setelah proses di CS telah selesai Anda akan diserahkan ke bagian Teller untuk melanjutkan proses selanjutnya yaitu pengambilan sisa dana yang dapat diambil.
BACA JUGA:  Cara Menggunakan Kalkulator Pembiayaan Syariah Bank Muamalat

Jika sisa dana telah selesai maka proses telah selesai. Buku tabungan dan kartu ATM yang telah Anda tutup akan dipotong dan dimusnahkan oleh pihak Bank.

Sesuai dengan SOP pelaksanaan, proses penutupan rekening hanya membutuhkan waktu yang singkat. Akan tetapi, jika penutupan bukan dicabang pembuka, maka akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama.

Setiap penutupan rekening akan dikenakan biaya tutup rekening yang besarnya bergantung pada kebijakan masing-masing bank. Dan pada umumnya, besar biaya penutupan sama dengan saldo minimum. Jadi, saldo minimum yang harus ditinggal merupakan biaya tutup rekening.

Itu tadi informasi terkait Proses Tutup Rekening Di Bank Syariah. Semoga dapat membantu Anda. Terimakasih.

Add a Comment