Sedikit Mengenal iB dan Arti Logo

Jika anda memperhentikan di setiap logo Bank Syariah terdapat Logo tambahan bertuliskan iB dengan lambang cahaya atau kristal di atasnya. Tahukan anda apa makna dari logo itu? Mungkin sebagian masyarakat menyangka atau berfikir bahwa logo iB yang terdapat di Bank syariah merupakan nama dari Bank Syariah itu sendiri. Jika anda berfikir demikian, maka anda kurang tepat.

iB (ai-Bi, red) merupakan singkatan dari Islamnic Banking yang diresmikan pada tanggal 2 Juli tahun 2007 sebagai identitas bersama di industry perbankan syariah di Indonesia. Seain itu, logo ini bertujuan agar masyarakat lebih cepat mengenal atau mengetahui  bahwa bank yang akan digunakan jasakeuangannya merupakan bank syariah dan memperkenalkan akan jasa perbankan syariah di Indonesia.

Apa itu iB

 

Berdasarkan tulisan di situs BI.go.id Logo iB ini merupakan kristalisasi dari nilai-nilai utama sistem perbankan syariah yang modern, transparan, berkeadilan, seimbang, dan beretika yang selalu mengedepankan nilai-nilai kebersamaan dan kemitraan. Hingga saat ini, bank-bank syariah di Indonesia, berdasarkan situs bi.go.id, terdiri dari 5 Bank Umum Syariah (BUS), 26 Unit Usaha Syariah (UUS), 132 Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dan lebih dari 1.492 kantor cabang bank Konvensional yang menyediakan layanan syariah (office channel) yan gsiap melayani seluruh lapisan masyarakat di Indonesia.

Berdasarkan penjelasan di sebelumnya, kita dapat lebih mengetahui bahwa iB bukanlah nama deari suatu Bank Syariah tertentu. Melainkan logo iB mencerminkan kebersamaan atau kesatuan bank-bank syariah di seluruh Indonesia yang berfungsi melayani masyarakat Indonesia dengan setulus dan sepenuh hati sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Setiap logo atau lambang pasti memiliki makna dan tujuan khusus, begitu pula logo iB ini. Adapun penjelasan dari Logo iB yang bersumber dari blog ariefselter.blogspot.com dipaparkan sebagai berikut:

BACA JUGA:  Mengenal Khiyar dan Jenisnya

Ornament grafis:

  • Bentuk dari krstalisasi nilai-nilai keseimbangan, keteraturan, presisi matematis, dan perubahan yang terus menerus menuju keparipurnaan.

Warna yang digunakan:

  • Biru mewakili profesioanlitas dan integritas.
  • Merah mewakili kedinamisan
  • Jingga mewakili kehangatan yang mencerminkan pribadi yang ramah dan rendah hati.
  • Hijau mewakili suatu hasrat yang terus tumbuh dan berkembang.
  • Putih mewakilisistem perbankan yang bersih dan transparan selaras dengan prinsip syariah.

Sumber: Economy.okezone.com; Bi.go.id

Itu tadi sedikit penjelasn mengenai iB. jadi, jangan salah lagi beranggapan bahwa logo iB merupakan merek dari sebuah perbankan syariah di Indonesia. Semoga menambah wawasan anda.

Add a Comment