Solusi Salah Transfer Rekening Bank

Pernahkah Anda melakukan transfer uang ke rekening bank lain baik banak yang sama ataupun berbeda? Sepertinya, hampir setiap nasabah bank pernah melakukan transfer uang ke antar rekening atau berbeda rekening.

Proses transfer uang antar rekening ini dapat dilakukan nasabah melalui layanan mobile banking, internet banking, transfer ATM, atau slip transfer di Teller.

tarik tunai uang tidak keluar saldo berkurang

Kesalahan saat melakukan transfer dana tidak jarang terjadi dan dialami oleh nasabah. Hal ini menimbulkan kegelisahan pada nasabah. Lalu, bagaimana solusinya?

Solusi Salah Transfer Rekening Bank

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan oleh nasabah ketika mengalami salah transfer agar dana dapat kembali.

Hubungi Call Center Bank yang Anda Gunakan.

Ketika Anda mengalami kesalahan transfer tertutama nomor rekening tujuan, anda dapat melakukan pelaporan awal di call center bank yang anda pakai. Ceritakan kejadian lengkapnya dan berikan data-data yang diminta pihak customer service. Anda tidak dapat melakukan pelaporan pada bank tujuan.

Datang Langsung ke Cabang Bank terdekat

Jika kejadian terjadi di jam operasional Bank, maka sebaiknya Anda melakukan pelaporan ke Bank yang digunakan secepatnya. Akan tetapi, jika diluar jam operasional maka Anda dapat membuat laporan keesokan harinya atau di jam operasional.

Untuk melakukan pelaporan di Bank, Anda sebaiknya menyiapkan beberapa dokumen anatara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk
  • Buku Tabungan
  • Bukti transaksi

Ketika Anda telah berhadapat dengan Customer Service Bank, maka ceritakan runutan atau kronologis kejadian salah transfer yang dialami. Jelaskan dengan jelas dan lengkap, mulai dari:

  • Aplikasi yang digunakan untuk melakukan transfer uang.
  • Transfer dilakukan ke bank apa dan nomor rekening tujuan yang salah dan yang seharusnya berapa.
  • Berapa nominal yang ditransfer.
  • Waktu melakukan transfer dana kapan, dimana, dan jam berapa.

Selanjutnya, pihak Customer Service akan meminta Anda mengisi formulir pelaporan yang telah disiapkan. Untuk beberapa bank dibutuhkan surat laporan polisi, jika memang dibutuhkan Anda dapat melengkapinya setelah melakukan pelaporan.

Laporan akan diproses pihak Bank dengan estimasi 14 hari kerja. Akan tetapi bisa lebih cepat dari waktu estimasi yang dibutuhkan. Umumnya, dana akan dikembalikan dengan cara ditransfer kemabli ke rekening pelapor.

Yang perlu Anda ingat adalah Bank hanya bertugas sebagai mediator antara pelapor dengan penerima uang.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.