Sukuk SR 009

Setelah melihat keberhasilan peluncuran Sukuk SR 008 tahun 2016, Pemerintah melalui Kementrian Keuangan segera mengeluarkan instrument investasi syariah Sukuk SR 009. Sukuk SR 009 akan dimulai masa penawaran mulai dari 27 Februari 2017 sampai 17 Maret 2017. Penerbitan Sukuk secara berkala setiap tahunnya memiliki tujuan untuk transformasi masyarakat dari savings-oriented society (menabung) menuju investing-oriented society (investasi)

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel terdahulu mengenai Sukuk, Sukuk merupakan surat berharga syariah yang mencerminkan kalau seseorang sebagai investor atas Underlying asset yang di sewakan kepada pemerintah. Dimana diakhir periode selulur nilai nominal sukuk yang dibeli akan dikembalikan penuh oleh  peerintah.. Adapaun Underlying Asset yang digunakan dalam investasi sukuk ini merupakan proyek dalam anggaran pendapatan dan belanja Negara (APBN) dan Barang NIlai Negara yang disewakan kepada pemerintah dengan menggunakan akan Ijarah Asset to be leased. Dan dana yang nantinya berhasil di kumpulkan dari Sukuk SR 009 akan digunakan untuk general financing.

Untuk fitur dari Sukuk SR 009 sendiri tidak berbeda atau sama dengan SR 008. Hanya saja, untuk target dari pencapaian Sukuk SR009 dibidik pemerintah tidak akan mendekati pencapaian SR 008 yang tercatat pada Maret 2016 sebesar Rp 31.5 triliun.

Sukuk yang ditargetkan untuk investor individu ini ditawarkan dengan nominal pembelian minimal adalah senilai Rp 5 juta per orang, dengan kelipatan maksimal Rp 5 miliar.  Berdasarkan informasi yang di dapatkan dari laman Kementrian Keuangan Indonesia, adapaun imbalan yang akan di dapatkan para investor Sukuk SR 009 akan diberikan setiap tanggal 10 setiap bulan dan akan dimulai pada bulan April 2017 (10 April 2017) hingga 10 maret 2020.

Pemesanan Sukuk SR 009 ini dapat dilakukan di 22 agen penjual sukuk yang telah di tunjuk yang terdiri dari 21 Bank dan 1 perusahaan Efek. Untuk besar imbalan yang akan di dapatkan oleh investor Sukuk SR009 akan diumumkan oleh pemerintah pada tanggal 24 Februari 2017.

Sebagai tambahan informasi, bagi anda yang bermminat untuk berivestasi dengan Sukuk ataupun menambah investasi Sukuk yang telah dimiliki, anda dapat mendatangi agen penjual Sukuk yang telah ditunjuk pemerintah untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Adapun agen yang ditunjuk untuk menjual Sukuk sama dengan agen penjual Sukuk SR 008.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.