Syarat, Kewajiban dan Hak Anggota Koperasi Syariah 212

Setelah pada artikel sebelumnya syariahbank telah membahas profil dan produk dari Koperasi Syariah 212. Maka pada artikel ini, syariahbank akan berbagi informasi terkait Syarat, Kewajiban dan Hak Anggota Koperasi Syariah 212.

Koperasi Syariah 212 saat ini sedang naik daun. Hal ii terlihat dari banyaknya masyarakat yang antusias untuk bergabung dan menjadi anggota dari Koperasi Syariah 212. Hal ini didasari adanya rasa semangat atau ghiroh untuk memajukan usaha yang dibangun dengan dasar ingin memajukan usaha  dan menguatkan ikatan persaudaraan muslim.

Jika anda ingin juga untuk bergabung menjadi anggota Koperasi Syariah 212, ada beberapa hal yang harus anda ketahui dan pahami. Baik Syarat, Masa keanggotaan, dan Kewajiban dan Hak dari anggota Koperasi Syariah 212. Berikut  informasi nya:

Syarat Keanggotaan Koperasi Syariah 212

Untuk bergabung menjadi anggota Koperasi Syariah 212, ada beberapa persyaratan yang harus anda miliki dan lengkapi, antara lain:

  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Mematuhi semua aturan hukum dan perundangan yang berlaku di Indonesia.
  3. Tidak terdaftar di organisasi/kelompok yang dinyatakan sebagai organisasi/kelompok terlarang oleh Majelis Ulama Indonesia.
  4. Mengisi, menandatangani, dan menyerahkan formulir permohonan untuk menjadi Anggota Koperasi.
  5. Melunasi Simpanan Pokok sebesar Rp 212.000 dan Simpanan Wajib sebesar Rp 120.000 pertahun atau Rp 10.000 perbulan.
  6. Melampirkan salinan:
  • KTP/SIM/Paspor/KITAS yang masih berlaku (pilih salah satu).
  • Bukti pelunasan pembayaran Simpanan Pokok dan Simpanan Wajib bulan berjalan.
  • Serta bukti-bukti pendukung lainnya untuk memenuhi persyaratan menjadi Anggota Koperasi.

Masa Keanggotaan Koperasi Syariah 212

Setiap keanggotaan baik di organisasi, perusahaan ataupun Badan Hukum pastinya memiliki masa keanggotaan. Dan untuk keanggotaan itu sendiri , kita tidak dapat keluar masuk dengan seenaknya. Hal ini dikarenakan, setiap organisasi sudah memiliki SOP dan juga pertauran lainnya yang mengatur keberlangsungan organisasi itu sendiri. Begitu pula dengan Koperasi Syariah 212, Badan Hukum ini memiliki peraturan untuk akhir masa anggota. Dan berikut beberapa alas an yang dapat mengakhiri keanggotaan di Koperasi Syariah 212 :

  1. Meninggal dunia.
  2. Berhenti atas kehendak sendiri.
  3. Diberhentikan oleh Dewan Pengurus karena tidak memenuhi syarat keanggotaan dan/atau tidak mengindahkan kewajiban sebagai Anggota, seperti tidak memenuhi kewajiban keuangannya kepada Koperasi, berbuat sesuatu yang merugikan Koperasi, dan/atau bertindak melawan hukum.

Kewajiban dan Hak Anggota Koperasi Syariah

Seperti Koperasi dan organisasi yang lain, di Koperasi Syariah 212 segenap anggota wajib untuk mentaati segenap aturan dan peraturan yang tertera di AD/ART, termasuk di dalamnya membayar simpanan pokok dan simpanan wajib. Setelah melaksanakan kewajiban sebagai anggota, para anggota Koperasi Syariah 212 akan berhak atas:

  • Informasi perkembangan Koperasi Syariah 212.
  • Menghadiri RAT (melalui sistem perwakilan).
  • Sisa Hasil Usaha (SHU).
  • Bagi hasil investasi.

Itu tadi sedikit informasi terkait Syarat, Kewajiban dan Hak anggota Koperasi Syariah 212. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah informasi anda terkait Koperasi Syariah 212. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.