Tabungan Haji Arafah Dari Bank Muamalat

Haji merupakan rukun islam ke lima yang wajib dilaksanakan bagi  orang-orang yang mampu. Dan dimulai tahun 2015 semua masyarakat yang ingin mendaftar keberangkatan haji melalui jalur regular harus memiliki tabungan haji terlebih dahulu di Bank Syariah di Indonesia. Salah satunya adalah di Bank Muamalat Indonesia.

tabungan arafah

Seperti yang diketahui, Bank Muamalat merupakan Bank Syariah pertama di Indonesia. Oleh karena itu tentunya produk tabungan haji di bank ini insya Alloh sudah tidak perlu diragukan lagi performanya. Tabungan Haji di Bank Muamalat bernama Tabungan Haji Arafah, dan tabungan ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya:

  1. Setoran bersifat fleksible tergantung kepada kemampuan calon jamaah haji
  2. Dana insya Alloh dikelola dengan cara syariah
  3. Online dengan Siskohat Kementrian Agama untuk pengambilan porsi haji

Adapun fitur dari Tabungan Haji Arafah ini antara lain:

  1. Akad yang digunakan adalah Wadiah Yad-Dhamanah.
  2. Setoran awal Rp 50.000
  3. Serotan berikutnya via counter minimal Rp 50.000
  4. Saldo Minimal dalam tabungan Rp 50.000
  5. Apabila buku tabungan rusak ataupun hilang , maka dapat diganti dan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000
  6. BEBAS BIAYA ADMINISTRASI tabungan.
  7. Dana tidak dapat ditarik seaktu waktu seperti tabungan sehari-hari.
  8. Bisa menggunakan Standing Instruction untuk proses nabung rutin setiap bulannya minimal Rp 100.000
  9. Apabila tabungan ingin ditutup (syarat dan ketentuan berlaku) maka akan dikenakan biaya penutupan rekening sebesar Rp 50.000

Untuk pembukaan rekening Tabungan Haji Arafah nasabah diwajibkan untuk menyipakan beberapa persyaratan terlebih dahulu antara lain KTP/SIM/KITAS/Pasport, NPWP, surat keterangan domisili atau surat keterangan bekerja dari tempat bekerja bagi calon nasabah yang bukan merupakan penduduk asli, dan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh pihak Bank.

Dan setelah nasabah membuka Tabungan Haji Arafah, nasabah sudah bisa melakukan proses mengumpulkan dana untuk mendapatkan nomor porsi keberangkatan. Jumlah dana yang wajib dikumpulkan nasbaah agar dapat mengambil nomor porsi adalah minimal Rp 25.050.000, dimana Rp 25.000.000 akan disetorkan ke rekening Kementrian Agama agar mendapatkan nomor porsi keberangkatan dan Rp 50.000 dana minimal yang ada di rekening nasabah. Setelah mendapatkan nomor porsi, nasabah dianjurkan untuk tetap menabung hingga waktunya untuk pelunasan dana keberangkatan haji.

skema arafah

Itu tadi sedikit informasi terkait Tabungan Haji Arafah dari Bank Muamalat Indonesia dan proses pengambilan nomor porsi keberangkatan Haji. Semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah pengetahuan para calon nasabah terkait Tabungan Haji yang akan diambil sebagai pilihan. Dan semoga dengan adanya tabungan haji ini akan lebih banyak lagi masyrakat Indonesia yang dapat berangkat menunaikan ibadah rukun islam kelima tersebut. Mari bergabung menjadi bagian dari keluarga besar dari Bank Syariah di Indonesia.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.