Tips Aman Belanja Secara Online

Bagi Anda yang gemar belanja secara online, berikut informasi terkait Tips Aman Belanja Secara Online.

Saat ini belanja secara online sudah bukan merupakan hal yang asing. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, situs-situs dan aplikasi belanja online sudah banyak hadir memudahkan kita melakukan transaksi Jual-Beli.

Hadirnya situs tersebut memberikan kesempatan seseorang untuk menciptakan bisnis yang menghasilkan uang. Akan tetapi, dengan semakin menjamurnya penjual online, Anda harus lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan dengan dalil beli barang secara online.

Tips Aman Belanja Secara Online

Untuk menghindari penipuan serta kerugian materi, berikut beberapa Tips Aman Belanja Secara Online:

  • Gunakan Smartphone dan Komputer Pribadi

Dikarenakan kejahatan cyber tidak hanya berkutat pada penipuan transaksi online, tapi juga pada pencurian data-data pribadi secara elektronik. Lakukan transaksi online di komputer ataupun smarthphone pribadi. Dan pastikan kembali gadget anda telah terproteksi dengan anti virus untuk menghindari malware dam virus yang dapat mencuri data Anda.

  • Jadilah Pembeli yang Pintar

Hadirkan selalu perasaan waspada dan hati-hati ketika ingin melakukan transaksi online. Teruslah mencari informasi terbaru terkait modus penipuan online terbaru untuk mencegah Anda mengalami sendiri.

  • Cek Reputasi Toko

Sebelum Anda melakukan transaksi pembelian, cek kembali reputasi toko di situ  web tempat Anda belanja. Periksa peringkat, tingkat proses jual beli, serta komentar produk yang telah terjual.

Belanjalah di situs yang sudah terpercaya dan terkenal untuk mengecilkan kemungkinan adanya penipuan. Lebih baik lagi, Anda membaca terlebih dahulu kebijakan dan hal-hal lainnya dalam proses jual beli melalui situs yang Anda gunakan.

  • Gunakan Pembayaran Melalui Rekening Penampungan Sementara

Salah satu cara aman lainnya adalah dengan menggunakan rekening bersama atau rekening penampungan sementara. Biasanya jika Anda belanja melalui situs belanja online bersama, dana yang dikirimkan untuk membeli barang akan masuk ke rek penampung terlebih dahulu. Dan akan ditransfer ke pihak penjual ketika barang telah diterima.

  • Cek Rek di Situs Resmi

Apabila Anda berbelanja online dengan sebuah akun dari media social, Anda dapat melakukan pengecekan rekening tujuan terlebih dahulu. Pengecekan ini bertujuan untuk menghindari pengiriman dana ke rek penipuan. Salah satu situs yang dapat Anda gunakan adalah www.cekrekening.id yang dikeluarkan oleh Kominfo.

  • Gunakan Metode COD (Cash On Delivery)

Untuk lebih aman, gunakan metode COD. COD atau Cash On Delivery merupakan sistem dimana pembayaran akan dilakukan ketika telah menerima barang dari kurir pengiriman. Sehingga saat barang sampai, maka Anda akan membayarnya di tempat. Cara ini merupakan yang paling aman dalam transaksi online.

Itu tadi Tips Aman Belanja Secara Online. Semoga dapat membantu dan menambah informasi Anda. Terimakasih.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.