Tips Aman Menggunakan Internet Banking

 

internet-banking-service-concept-isolated-white-background-35236432

 

-Admin- Siapa yang pernah mendengar internet bangking? Hampir semua orang pernah mendengar istilah Internet Banking. Internet Banking merupakan salah satu fasilitas e-banking yang dihadirkan Bank untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi financial dan non financial (tanpa harus datang ke kantor cabang ataupun mesin ATM) dengan memanfaatkan fasilitas internet. Oleh karena itu, untuk mengakses atau menggunakan fasilitas e-banking ini, nasabah dapat menggunakan Handphone ataupun Gadget lainnya yang bisa terhubung langsung dengan internet.

Beberapa tahun belakangan ini, cukup banyak berita mengenai pembobolan rekening nasabah suatu Bank melalui fasilitas Internet Banking yang dimiliki oleh nasabah tersebut. Hal ini pada umumnya terjadi pada nasabah yang kurang berhati-hati atau kurang memperhatikan keamanan dalam melakukan transaksi menggunakan Internet Banking. Untuk mengurangi terjadinya kejadian serupa terulang kembali, berikut beberapa Tips Aman Menggunakan Internet Banking:

  1. Pastikan Ussername dan Password Internet Banking hanya nasabah sendiri yang mengetahuinya. Hindari memberitahukan Password dan Ussername kepada pihak lain begitu pula kepada pihak Bank.
  2. Ubahlah Password secara berkala untuk mengurangi adanaya percobaan pembobolan yang dilakukan oleh Cracker yang tidak bertanggung
  3. Hindari menggunakan fasilitas umum (Komputer) seperti warung internet ataupun komputer kantor. Gunakanlah fasilitas pribadi seperti handphone ataupun komputer pribadi dalam mengakses Internet Banking yang dimiliki.
  4. Jangan lupa untuk selalu me-log out layanan internet banking setiap selesai melakukan transaksi, baik ketika menggunakan Handphone ataupun komputer.

Itu tadi beberapa Tips Aman Menggunakan Internet Banking. Dan yang perlu diingat adalah keamanan dana yang dimiliki merupakan tanggungjawab utama dari pemilik rekening. Semoga dengan adanya tips ini dapat membantu nasabah dalam menggunakan fasilitas Internet Banking dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA:  Mengecek Tahun Keberangkatan Calon Jamaah Haji

 

Add a Comment