Tips Menghindari Skimming

Pernahkah Anda mendengar istilah Skimming? Jika pernah, berikut Tips Menghindari Skimming dari Bank BNI Syariah.

Skimming merupakan sebuah metode untuk membaca data magnetik yang terdapat pada kartu debit atau kartu kredit secara illegal. Tindakan ini dilakukan dengan cara memodifikasi hardware atau software alat pembayaran atau menggunakan alat pembaca kartu (skimmer) yang dipasang pada mesin ATM. Selanjutnya pelaku akan membuat kartu dummy untuk melakukan transaksi.

Praktek Skimming ini sangat merugikan para nasabah atau pengguna jasa keuangan perbankan. Hal ini dikarenakan dapat menggurangi jumlah dana yang dimiliki bahkan hingga habis.

Oleh karena itu, untuk menghindari praktek Skimming ini mengenai Anda, ada beberapa Tips yang dapat Anda ikuti. Tips ini diberikan oleh Bank BNI Syariah. Berikut diantaranya:

Lindungi Kerahasiaan PIN Anda.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi PIN Anda, yaitu:

  • Mengganti PIN ATM secara berkala.
  • Tidak memberikan PIN kepada siapapun walaupun mengatasnamakan petugas Bank.
  • Berhati-hati terhadap mereka yang berusaha membantu Anda saat bertransaksi dengan mesin ATM.

Gunakan Mesin ATM Yang Terdapat Petugas Keamanan.

Hindarilah mesin ATM yang terlalu ramai namun minim penjagaan. Serta hindari pula lokasi mesin ATM yang sepi dan tanpa adanya penjagaan dari petugas keamanan.

Kenali Mesin ATM Dengan Baik.

Periksa terlebih dahulu kondisi mesin ATM yang akan digunakan. Apabila ada sesuatu yang mencurigakan (Call Center Palsu, goresan, bercak, selotip, bekas lem, dll) maka tunda terlebih dahulu transaksi yang akan dilakukan dan laporkan .

Perhatikan Petugas Dalam Menggunakan Merchant

Jika anda menggunakan kartu ditempat belanja, selalu waspada dan perhatikan petugasnya. Tanyakan jika ada perilaku mencurigakan dan segera laporkan.

Cek Rekening Secara Berkala

Biasakan diri Anda untuk selalu mengecek transaksi uang keluar masuk setelah melakukan transaksi atau secara berkala. Laporkan ke pihak Bank apabila terdapat transaksi yang tidak pernah Anda lakukan.

Hapalkan Call Center Resmi Dari Bank Yang Digunakan

Jika Anda merupakan Nasabah BNI Syariah maka Anda harus mengetahui Call Center pihak BNI Syariah. Adapun Contact Center resmi BNI Syariah adalah BNI Call 1500046, (021) 1500046/68888 (akses dari handphone), dan +6221 30500046 (akses dari luar negeri).

Itu tadi Tips Menghindari Skimming. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.