Tips: Menyikapi Kartu ATM Hilang, Patah dan Rusak

Hampir setiap masyarakat yang memiliki tabungan di Bank diberikan fasilitas kartu ATM sebagai salah satu fasilitas untuk mempermudah nasabah melakukan transaksi financial, baik penarikan, penransferan, ataupun pembelian dan pembayaran . Pemberian fasilitas kartu ATM ini juga merupakan salah satu cara untuk melindungi nasabah membawa uang tunai dengan jumlah besar ketika berpergian.

Cara Mengatasi Kartu ATM Hilang Rusak

Picture from solopos.com

Bentuknya yang tipis dan kecil mempermudah nasabah dalam menyimpan dan membawanya kemana-mana.Akan tetapi, terkadang dikarenakan bentuknya yang kecil serta seringnya digunakan mengakibatkan kartu ATM tersebut rusak.Selain itu, bentuknya yang kecil, juga tidak menutup kemungkinan kartu tersebut hilang ataupun salah letak sehingga nasabah tidak dapat menggunakannya kembali.Lalu apa yang harus dilakukan jika kartu kita rusak ataupun hilang? Berikut beberapa tips menanggapi hal tersebut.

1. Kartu ATM Rusak

Untuk kartu ATM yang rusak, hal yang dapat kita lakukan adalah meminta pengajuan kartu baru ke Customer Service di Bank asal kartu. Sebelum itu, ada beberapa hal yang harus anda lengkapi dan dibawa sebagai syarat penggantian, antara lain:

  • Buku tabungan.
  • KTP
  • Kartu ATM yang rusak

Lalu, setelah itu anda dapat pergi ke Bank yang dituju, dan menuju Customer Service untuk menjalani  proses penggantian kartu tersebut. Untuk beberapa Bank, penggantian kartu ATM akan dikenakan sejumlah biaya sebagai kompensasi kartu tersebut. Setelah anda mendapatkan kartu yang baru, sebaiknya anda langsung mengganti nomor pin yang baru. Untuk nomor pin yang akan digunakan sebaiknya bukan merupakan tanggal lahir, nomor hanphone, nomor telephone rumah, ataupun nomor-nomor yang mudah untuk ditebak oleh orang lain.

2. Kartu ATM Hilang

Bagaimana jika kartu ATM hilang? Hal yang pertama anda lakukan adalah lakukan pemblokiran kartu dengan menghubungi call center Bank asal. Setelah itu, buatlah surat laporan kehilangan di Kantor Polisi sebagai syarat untuk membuat kartu yang baru selain syarat lainnya (buku tabungan dan KTP). Setelah semua dilengkapi, maka anda dapat menuju Customer Service untuk melakukan registrasi kartu baru. Dan jangan lupa ketika sudah mendapatkan kartu baru dilakukan penggantian pin ATM baru.

Itu tadi sedikit Tips yang semoga dapat membantu anda dalam menangani masalah yang berhubungan dengan kartu ATM. Selain itu, semoga informasi yang diberikan dapat menambah ilmu pengetahuan dan informasi tambahan mengenai perbankan dan perbankan syarian secara khusus.

Add a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.